Mengapa Komputer saya suka Restart Sendiri ?

Banyak Sekali Ragam Kerusakan Pada Komputer. Sebagai pengguna, sebetulnya kita harus memahami Perangkat keras komputer agar kita bisa mengatasi segala permasalahan pada komputer.

Komputer anda suka restart dengan sendirinya, itu bisa disebabkan oleh bermacam hal, bisa jadi karena operating system komputer anda atau kondisi hardware yang sedang bermasalah.

Ada Beberapa masalah yang kemudian membuat computer sering restart, Berikut merupakan contoh kasus yang sering ditemui ketika komputer suka restart otomatis dan bagaimana cara mengatasinya ?.

1. Over heat
Temperatur CPU terlalu panas, Menyebabkan komputer akan mati dengan sendiri-nya tanpa adanya pringatan.

Solusinya :
Pastikan kondisi kipas atau FAN normal. Cek juga kondisi power-supply. Pastikan power-supply masih normal, karena power-supply merupakan perangkat yang mengalirkan listrik ke Cpu sehingga apabila rusak maka komputer tidak bisa bekerja secara normal.

2. RAM rusak
Jika RAM anda rusak komputer tidak bisa bekerja seperti biasa kemungkinan membuat komputer PC sering restart sendiri.

Solusi-nya:
Lepas casing CPU, kemudian periksa kondisi RAM. Apabila gada masalah, Bisa jadi RAM berdebu sehingga memperlambat kinerja RAM. Bersihkan RAM anda dari debu bisa menggunakan kuas pembersih.

3. OS Error
OS yang corrupt mungkin dikarenakan terinfeksi virus, Malware atau data OS yang hilang kehapus.

Solusi-nya :
Sering-seringlah Pembersihan Registry, Lakukan recovery file jika data hilang Dan Scan komputer anda secara Berkala Menggunakan Antivirus.

4. Hardisk bad-sector
Kemungkinan Hardisk anda rusak atau sering di sebut bad sector. Apabila hardisk bad sector, kemungkinan komputer tidak akan berfungsi dengan normal dan menyebabkan Komputer sering Restart.

Solusi-nya:
Cek hardisk Anda Pake software, tinggal Search aja di Internet. Apabila terdapat bad sector, masih bisa di perbaiki menggunakan Aplikasi Defrag, atau Format Hardisk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *