Cara mencegah dan memperbaiki kasus Bad sector pada hardisk

Apakah anda pernah mengalami bad sector pada hardisk external dan bingung bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, pada artikel ini saya akan berbagi beberapa tips untuk memperbaiki hardisk yang bad sector pada laptop dengan cepat dan mudah tanpa software ataupun menggunakan hiren.

Bad sector biasanya terjadi karena beberapa bagian dari hardisk tersebut mengalami kerusakan sehingga sistem tidak dapat mengaksesnya dan mengakibatkan komputer sering error dan hang, ini juga yang membuat performa komputer atau laptop menjadi lambat, ada banyak cara untuk mengatasi hardisk eksternal bad sector.

Berikut ini beberapa langkah untuk memperbaiki Hardisk bad sector pada komputer maupun laptop

1. Cara mencegah dan memperbaiki bad sector tanpa bantuan software
ada 2 jenis bad sector yang biasa di temukan yaitu “hard badsector” dan “soft bad sector”, hard bad sector atau biasa di sebut “Head crash” yaitu kerusakan yang terjadi pada kondisi fisik hardisk dan memperbaikinya perlu keahlian khusus untuk membongkar dan memperbaiki kerusakan pada hardware, sedangkan soft badsector yaitu kerusakan dalam membaca hardisk yang biasa di alami oleh sistem operasi itu sendiri dan masih bisa di perbaiki menggunakan software.

Berikut  Cara memperbaiki hardisk yang mengalami soft bad sector melalui windows.

Klik kanan pada drive yang ingin di perbaiki kemudian pilih “Properties”

Tinggal klik “Check now” dan tunggu hingga proses selesai, biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. jadi tunggu saja sampai proses selesai.

2. Memperbaiki bad sector menggunakan aplikasi SpinRite
Tutorial yang satu ini saya dapat dari sahabat kita yang sharing melalui kaskus, silahkan kunjungi langsung thread nya melalu link di atas, disana sudah sangat lengkap tutorial penggunaan nya di lengkapi dengan gambar.

3. Mengatasi Bad sector pada hardisk seagate menggunakan SeaTools for Windows
Cara yang satu ini khusus bagi pengguna hardisk dengan merek seagate, dan aplikasi nya sendiri merupakan buatan dari seagate nya langsung untuk membantu para pengguna hardisknya jika mengalami bad sector, untuk tutorialnya langsung saja kunjungi link di atas.

4. Beberapa tips untuk merawat hardisk supaya tidak mengalami bad sector

  • Hindari hardisk terkena benturan supaya headnya tetap aman
  • Sering-sering lah melakukan defrag pada hardisk untuk menjaga kesetabilan
  • Bersihkan hardisk dari debu dan jaga tetap dingin dengan menggunakan fan
  • Gunakan PSU supaya aliran listrik yang masuk ke hardisk stabil, karena biasanya aliran listrik dari PLN suka seenaknya
  • Jangan suka mematikan komputer dengan mencabut kabel langsung atau menekan power, biasakan melakukan shut down dari OS nya. fungsi nya supaya hardisk tidak kaget.
itulah beberapa tips dari saya untuk menjaga hardisk anda untuk terhindar dari bad sector atau untuk memperbaikinya, artikel ini saya buat setelah saya mengalami hal serupa pada laptop saya dan terbukti berhasil. sekarang hardisk laptop saya sudah normal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *