Mengatasi Layar Laptop Mati Tetapi Sistem Masih jalan

Hanamera.com – Apakah sobat pernah mengalami hal yang di alami oleh pacar saya, jadi ceritanya dia lagi main notebooknya merek Acer untuk tipenya saya lupa. Tapi pada saat sedang mendengarkan lagu sambil mengerjakan tugas di Microsoft word Layar tiba-tiba mati menjadi blank atau gelap semua, dan anehnya suara lagu masih terdengar jelas hanya layarnya aja yang mati.

Baca juga :

Masalah ini memang sering terjadi pada Laptop, ini karena laptop terlalu panas dan jarang di bersihkan, maklumlah wanita suka main laptop sambil tiduran di kasur. dia sempat panik karena tugasnya belum di save dan takut laptop rusak dan gak bisa di pake lagi.

Yang saya Lakukan adalah :

  1. Saya matikan dulu notebooknya, untuk tugas tidak usah khawatir karena ada fitur auto save pada Microsoft word.
  2. Saya tunggu dulu Laptop dingin dan saya bongkar laptopnya, Dan memang betul daleman notebook sudah di penuhi debu yang membuat fan sulit untuk berputar.
  3. akhirnya saya bersihin dulu semua komponen, mulai dari keyboard, Fan dan semuanya menggunakan sikat gigi.
  4. Setelah semua selesai di bersihin, pasang kembali semua komponen dengan sempurna jangan sampai ada yang ketinggalan.
  5. Terakhir saya nyalain lagi ternyata sudah normal, saya check VGA dan driver yang di gunakan. kemudian saya cari updatan driver terbaru untuk tipe notebooknya dan saya install.
Akhirnya Notebooknya sudah tidak pernah bermasalah lagi hingga sekarang, jadi pokok permasalahan yang saya ambil adalah :
  • Kemungkinan terjadinya layar mati karena Processor terlalu panas makanya bersihin kalo gak berani service aja.
  • Driver tidak kompartibel lagi, upayakan untuk update Driver untuk VGA, Soundcard atau lainnya terutama kalau anda selalu update OS.
Terimakasih, itulah pengalaman saya dalam mengatasi Laptop yang tiba-tiba layarnya menjadi gelap atau mati tetapi sistem atau aplikasi masih jalan normal. sekian cerita dari saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *