Menghapus virus secara online dengan www.virustotal.com

Hanamera.com – Jaman sekarang sudah serba online, apasaja dilakukan secara online mulai dari belanja, mengobrol, mencari jodoh dan bahkan hampir semua aktifitas manusia sudah bisa dilakukan secara online ujung-ujungnya manusia sudah tidak punya kegiatan lain selain Online.

Virus memang membuat kita risau dan kesal, bayangkan saja file penting seperti berkas pekerjaan hasil kerja berminggu-minggu bisa rusak dalam beberapa detik oleh virus, sekarang virus sudah bermacam-macam jenisnya dengan tinkat kekejaman yang sudah expert.

Kemarin saya pernah mengalami seluruh Folder di komputer saya terhapus, tidak tahu virus apa yang menyerang sampai segitunya, memang salah saya karena tidak pernah menginstal antivirus di komputer PC saya, maklum saya anak IT jadi tugas dan pekerjaan saya mengandung virus meskipun tidak jahat tapi antivirus tetap saja mendetek berbahaya dan langsung di hapus.

Bagi yang punya pengalaman seperti saya, jangan khawatir. sekarang tidak menginstall antivirus juga tidak apa-apa, karena anda bisa scanning  virus secara online dengan menggunakan www.virustotal.com. ini berfungsi untuk menghapus Virus Online Tanpa Membebani Perangkat komputer anda dengan Antivirus.

Cara Scan Virus Langsung Secara Online

1. Kunjungi www.virustotal.com
Situs ini punya 3fungsi yang sangat membantu untuk pengguna personal dan pemiliki server atau sebuah situs.

2. Pilih jenis Scanning
untuk melakukan scanning ada 3 cara yang sangat membantu sekali untuk mencegah file, website atau bahkan server terserang virus berikut caranya:

  • Pertama, Anda bisa men-scan file penting anda yang terkena virus, caranya pada halaman Home pilih file anda, anda harus upload dulu file tersebut ke servernya. batas maksimum kapasitas file adalah 128MB
  • Kedua, anda bisa scan Website anda atau milik orang lain yang mungkin bisa saja terserang virus. dan itu akan sangat membahayakan pengunjung situs tersebut. tinggal pilih tab URL seperti gambar di atas.
  • Ketiga, anda bisa scan server anda, caranya cukup masukkan alamat server anda. contoh https://192.168.72.123, ini akan membuat server anda aman dari serangan virus.
3. Klik pada “Scan it” untuk melanjutkan scanning
tunggu hingga proses selesai dan data anda akan aman dari serangan virus berbahaya.
Kenapa memilih scanning secara online ? kelebihan dari situs virustotal.com adalah mereka memadukan database virus dari berbagai perangkat antivirus terbaik yang sudah lama berkecimpung di dunia penanganan virus atau malware. total ada 49 antivirus yang di gabungkan dalam situs ini. jadi proses scanning juga akan lebih ketat.
Situs ini sangat cocok untuk menangkal virus jaringan, mengatasi virus shortcut, virus sality, virus tungro, virus komputer ataupun cara mengatasi virus worm dan jenis virus lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *