Cara Mendengarkan Radio Streaming di Laptop

Radio Streaming – Jaman modern ini anda sudah bisa mendengarkan radio melalui Laptop maupun Komputer PC (Dekstop), tidak seperti dahulu dimana untuk mendengarkan radio kita harus menggunakan perangkat radio atau tape.

Apakah ada aplikasi Radio Streaming Offline (tanpa menggunakan internet) ?
Jawabannya tidak sodara, kenapa ? ya karena untuk mendengarkan Radio offline di laptop atau PC. anda perlu perangkat keras tambahan seperti TV Tunner, kecuali memang komputer anda sudah di bundling perangkat pendukung tersebut.

Apakah bisa Radio Streaming secara Online (Dengan bantuan Internet) ?
Tentu saja bisa, sekarang ini sangat banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas Radio online seperti Tunein yang merupakan salah satu aplikasi streaming radio dari seluruh dunia yang bisa kita nikmati secara gratis.

Apakah Radio Streaming Membutuhkan Koneksi Cepat ?
Pengalaman saya selama mendengarkan Radio online, tidak terlalu banyak memakan bandwidth, beda halnya dengan streaming Video yang memerlukan Bandwidth yang cukup besar. untuk mendengarkan Radio online dengan transfer rate 64 KBps juga cukup gan.

Seperti apa cara Mendengarkan Radio Streaming di Laptop ?
untuk mendengarkan streaming ada 2 cara, pertama langsung mengunjungi situsnya dan kedua menginstal aplikasi untuk streaming radio. kalau saya pribadi mending langsung buka situsnya melalui browser jadi tidak perlu repot instal sana sini.

Mendengarkan radio melalui Web Browser :

  1. Kunjungi situsnya http://tunein.com/
  2. Disitu tersedia menu, anda bisa pilih radio menurut genre atau bisa mencari siaran radio di daerah anda dengan memilih “By Location” atau jika ingin lebih spesifik anda bisa menggunakan fasilitas Pencarian
Kumpulan situs Radio Online :
  1. http://tunein.com/
  2. http://soma.fm/
  3. http://www.pandora.com/
  4. http://www.slacker.com/
  5. www.spotify.com
Mendengarkan Radio Online melalui aplikasi :
Jika memang anda merasa lebih mudah untuk membuka radio melalui aplikasi saya menyarankan anda untuk menggunakan VLC Media Player. Meskipun aplikasi ini lebih dikenal sebagai pemutar video tapi anda juga dapat menikmati radio online dengan bantuan aplikasi ini, cara menggunakannya :
1. Download dahulu aplikasi VLC JIka belum punya.
2. Silahkan Buka aplikasinya dan pilih menu “internet” di sebelah kiri dan pilih “Icecast Radio Directory” maka akan keluar siaran radio yang tersedia dari sluruh dunia.
Kumpulan Aplikasi Windows Untuk Memutar Radio Online :
jika memang anda merasa vlc kurang lengkap anda bisa menggunakan aplikasi pendukung lainnya, berikut nama2nya dan anda bisa searching sendiri di google, aplikasinya gratis kok.
  1. RadioSure
  2. Nexus Radio
  3. Screamer Radio
  4. Tapin Radio
  5. Online Radio Tuner
Nah sekian saja informasi tentang cara mendengarkan radio streaming di laptop atau komputer yang sekiranya dapat bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mencari siaran radio favorite anda dan dapat mendengarkannya secara online.

2 thoughts on “Cara Mendengarkan Radio Streaming di Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *