Solusi Merawat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak

Baterai Merupakan komponen yang memiliki Peranan Penting dalam laptop dan inilah yang membuat laptop menjadi barang yang fleksibel, Tetapi bagaimana jika baterai rusak, apakah Laptop masih bisa dibilang fleksibel ? ya tentu saja tidak, karena anda harus selalu menggunakan charger untuk menyalakannya dan akan ribet jika hendak dibawa-bawa.

Nah apa solusi yang paling tepat jika baterai rusak ? ya tentu saja membawanya ke tempat service, karena bisa jadi komponen didalam baterailah yang bermasalah dan perlu diganti. tapu jika anda tidak memiliki uang lebih beberapa jenis baterai masih bisa di re-fill di tempat service.

Tips Merawat Batre Laptop saat Pertama Beli :

1. Saat baru membeli laptop baru atau baterai baru pasti didalamnya sudah ada daya yg cukup untuk menyalakan laptop. jangan di charge dulu batre tersebut tunggu saja sampai batre tersebut habis sampai tersisa 1%.

2. Setelah Baterai Habis Barulah anda Charger Sampai penuh lagi 100%, dalam proses ngecharge bisa dalam keadaan menyala atau mati akan tetapi lebih disarankan dalam keadaan mati.

3. Jika Baterai anda sudah Penuh Cabut Baterai jangan Biarkan Terlalu lama ngecharge terus. ulangi langkah ini sampai 3 kali ngecharge sudah cukup jika anda membeli laptop atau baterai baru.

Tips dan Saran dalam Menjaga Kualitas baterai laptop :

1. Jangan Menisi Baterai Laptop Secara Berlebihan, maksudnya jika baterai laptop sudah penuh cabut saja Chargernya.

2. Simpanlah Laptop anda di tempat yang kering dan jangan terpapar sinar matahari. karena ini dapat membuat kandungan baterai menguai.

3. Usahakan kalau Ngecharge Laptop dalam Keadaan Mati.

4. Jika Memang anda orang yang sibuk dengan Laptop seharian, anda bisa mencabut baterainya dan tidak perlu menggunkan baterai.

5. Habiskan Baterai sampai 1% bahkan kalau bisa sampai mati supaya kondisi baterai optimal.

Jika memang tidak akan menggunakan Laptop anda dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk ngechargenya seminggu sekali, ini supaya baterai tidak overload atau berjamur.

Selama ini saya menggunakan cara diatas dan baterai laptop saya masih aman-aman saja sampai sekarang, kira-kira sudah 5 tahun dan dibandingkan dengan laptop teman-teman saya laptop saya lebih awet karena belum pernah service sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *