Cara Mengatasi Laptop yang Sering Hang (Not Responding)

Saat ini laptop adalah salah satu perangkat yang sangat lazim digunakan karena kegunaannya yang beragam dapat membantu manusia menyelesaikan banyak pekerjaan baik tugas kuliah ataupun tugas kantor. Namun, seringkali saat sedang berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan tugas laptop justru mengalami hang. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara mengatasi laptop yang sering hang agar tidak terlambat menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi permasalahan laptop not responding atau yang lebih dikenal dengan istilah hang. Akan tetapi, masing-masing cara tersebut berkaitan dengan penyebab terjadinya hang oleh karena itu Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkan laptop Anda mengalami hang. Artikel ini akan menjelaskan berbagai penyebab laptop hang dan cara tepat untuk mengatasinya.

Penyebab dan cara mengatasi laptop yang sering hang

1 ) Update anti-virus

cara mengatasi laptop yang sering hang 1

Hal pertama yang mungkin bisa menyebabkan laptop Anda mengalami hang adalah karena terkena virus. Banyak diantara Anda yang mungkin tidak menyadari hal ini oleh karena itu untuk menghindarkan laptop Anda dari hang maka diperlukan Anti-virus. Memasang Anti-virus adalah salah satu cara mengatasi laptop yang sering hang karena terkena virus. Walaupun laptop Anda sudah memiliki Anti-virus namun perawatan rutin juga diperlukan yaitu dengan rajin melakukan pembaharuan Anti-virus agar selalu efektif untuk membersihkan laptop dari berbagai virus yang menjangkit.

2 ) Uninstal program yang tidak penting

cara mengatasi laptop yang sering hang 2

Cara mengatasi laptop yang sering hangĀ  selanjutnya adalah dengan melakukan uninstal terhadap program dan data yang tidak diperlukan. Banyak yang mengira bahwa melakukan instal suatu program hanya akan berpengaruh pada kapasitas memori di dalam laptop. Namun, ternyata hal ini juga menjadi salah satu penyebab sering terjadinya hang atau not responding pada laptop. Oleh karena itu, dengan rajin menghapus data yang dirasa sudah tidak perlu lagi adalah hal yang harus dilakukan agar terhindar dari masalah laptop hang.

3 ) Rutin membersihkan laptop

cara mengatasi laptop yang sering hang 3

Cara mengatasi laptop yang sering hang yang ketiga adalah dengan secara rutin membersihkannya dari debu yang menempel. Hal ini dirasa tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada terjadinya hang di laptop. Namun, pada kenyataannya adalah laptop yang terlalu kotor dan dipenuhi debu adalah penyebab laptop sering mengalami not responding. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan laptop dari debu yang menempel secara rutin. Jika Anda tidak memiliki waktu luang yang cukup maka setidaknya sempatkanlah untuk membersihkan laptop maksimal 2 bulan sekali. Hal ini juga membuktikan bahwa setiap komponen pada laptop memiliki pengaruh yang bisa menyebabkan terjadinya hang. Oleh karena itu, Anda harus secara aktif memperhatikan software dan hardware pada laptop.

4 ) Hindari penggunaan dalam jangka waktu lama

cara mengatasi laptop yang sering hang 4

Laptop yang terlalu panas juga menjadi salah satu penyebab terjadinya hang. Oleh karena itu, apabila Anda sudah terlalu lama menggunakan laptop sehingga menyebabkannya menjadi terlalu panas ada baiknya jika untuk sementara mematikan laptop agar tidak menjadi hang. Anda cukup mematikannya selama 30 menit hingga 1 jam sampai laptop tidak terasa panas kemudian dapat menghidupkannya kembali dan melanjutkan pekerjaan.

Laptop yang terlalu panas juga bisa menyebabkan Power Supply Drop oleh karena itu jika Anda ingin menggunakan laptop pilihlah tempat yang tidak mempercepat proses pemanasan laptop. Salah satu tempat yang harus Anda hindari saat menggunakan laptop adalah kasur. Anda juga bisa menggunakan kipas pendingin agar laptop tidak cepat panas.

Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop yang sering hang, semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda dan terhindar dari masalah laptop hang.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Laptop yang Sering Hang (Not Responding)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *