Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Eclipse

Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Eclipse – Semakin bertambahnya pengguna OS android membuat banyak sekali pihak corporate maupun personal yang ingin membuat aplikasi berbasis android. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan developer aplikasi android professional. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah aplikasi dari developer cukup mahal. Untuk mengatasinya Anda bisa belajar tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse. Meski sederhana, aplikasi yang dibuat melalui program Elipse ini sudah mampu bekerja secara optimal untuk berbagai jenis kebutuhan. Selain bisa mengasah skill, Anda juga bisa membuat sebuah aplikasi secara Cuma-Cuma saja. Anda bisa memulai dengan tahap persiapan yaitu bagaimana dan seperti apa bentuk aplikasi yang akan Anda buat. Konsep ini sangat penting sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah yang lebih teknis.

Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Eclipse untuk Pemula

  1. Sebelum mulai pembuatan, siapkan aplikasi Eclipse yang dibalut dengan Adt bundle. Kedua basis aplikasi ini adalah alat utama untuk membuat aplikasi android. Banyak portal Android ADK dan Eclipse yang tersedia, pastikan aplikasi tersebut support untuk OS desktop Anda.
  2. Untuk memulai aplikasinya, Anda bisa langsung membuka Eclipse dan menentukan di storage manakah kita akan menyimpan hasil kerja tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse Pilih hard drive yang masih lengang untuk menghindari kesalahan finishing nantinya.
  3. Jika jendela selamat dating muncul, Anda bisa memilih menu NEXT pada area Build Your First App.
  4. Ketika menu tersebut dibuka maka akan muncul sebuah media yang berfungsi sebagai tempat project aplikasi yang akan dibuat.
  5. Langkah awal yang Anda harus lakukan adalah dengan mengisi nama pada menu Application name. Untuk pemilihan nama, Anda bisa memilih berdasarkan jenis aplikasi yang akan dibuat. Tentukan pula OS android yang akan digunakan dan juga tema yang akan diaplikasikan. Selanjutnya klik Next.
  6. Untuk memastikan bahwa aplikasi untuk tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse berjalan dengan lancar, Anda bisa memilih menu create launcher icon. Setelah itu Anda juga dituntut untuk membuat icon untuk aplikasi Anda. Siapkan file yang sudah Anda buat sebelumnya.
  7. Setelah informasi dasar dalam aplikasi diisi lengkap, Anda bisa memulai dengan Blank Activity yang akan tertampil setelah Anda menekan menu create activity.
  8. Dengan basis xml, Anda bisa memulai membuat aplikasi dengan tampilan yang tersedia pada menu disamping jendela tersebut.
  9. Jika ingin merubah tampilan aplikasi dalam tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse Anda bisa memilih activity_main.xml. Jika Anda merasa ada bagian yang perlu dirubah maka lakukanlah perubahan dengan hati-hati.
  10. Jika Anda belum terlalu paham dengan kode-kode dasar XML, pastikan Anda menguasainya terlebih dahulu.
  11. Setelah kode XML yang diinput selesai, Anda bisa menyimpannya dan mengujinya pada ponsel android atau emulator android yang ada pada desktop Anda.

Pada dasarnya membuat aplikasi android memang cukup rumit. Namun jika Anda sudah cukup paham dengan menu-menu html maupun xml, Anda akan mampu membuatnya dengan mudah. Aplikasi android akan sangat berguna untuk menjalankan tugas serta fungsi-fungsi tertentu. Semakin advance Anda menggunakan Eclipse, maka semakin baik pula kualitas aplikasi yang akan Anda hasilkan. Jika Anda ingin membuat aplikasi secara profesional tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse dapat menjadi langkah awal Anda dalam menciptakan aplikasi dengan kualitas dan fungsi yang mumpuni. Dengan ukuran yang kecil dan fungsi maksimal, Eclipse bisa menjadi partner Anda untuk berkreasi.

Baca juga Tips&trik dan juga Tutorial lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *