Tutorial Menggunakan Android Studio untuk Buat Aplikasi

Bagi Anda pengguna Android pasti terkadang penasaran terkait bagaimana caranya membuat aplikasi untuk perangkat ini. Seperti yang diketahui, telah banyak tulisan-tulisan mengenai tutorial menggunakan android studio. Akan tetapi kali ini akan kita ulas cara mudah untuk membuat aplikasi sendiri menggunakan sofware Android Studio. Rasanya memang seru bukan? Jika kita bisa membuat aplikasi sendiri sesuai dengan yang diinginkan. Dan ternyata proses pembuatan aplikasi Andorid sederhana dan tidak sesulit yang kita pikirkan, sebab menggunakan software Android Studio ini kita sudah bisa membuat beraneka aplikasi dengan mudah.

Tutorial Menggunakan Android Studio Mudah

1 ) Mengunduh dan menginstal

Tutorial menggunakan android studio 1

Tutorial menggunakan android studio yang pertama tentunya adalah mengunduh aplikasi ini dan mulai menginstalnya pada komputer ataupun laptop. Tak perlu bingung bagaimana cara mendownloadnya karena sudah banyak situs atau web di internet yang menyediakan link download beserta dengan cara menginstalnya. Software Android studio sendiri merupakan aplikasi yang dibesut oleh Android untuk mempermudah para penggunanya untuk membuat aplikasi sendiri. Dengan begitu, Anda bisa berkreativitas untuk menghasilkan berbagai macam aplikasi Android sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

2 ) Mulai mengoperasikan Android Studio

Tutorial menggunakan android studio 2

Menjalankan aplikasi ini tidaklah sulit, Anda bisa memulainya dengan memilih Quick Start pada bagian menu dan selanjutnya mengklik pilihan “Start a New Android Studio Project” untuk mulai membuat proyek pembuatan aplikasi Android baru. Jika sudah diklik, maka akan muncul Tab Form yang berisikan tulisan Application Name”, dimana pada tulisan tersebut Anda harus menuliskan data nama aplikasi baru yang akan Anda buat. Sedangkan untuk “Company Domain” bisa Anda isi dengan nama domain perusahaan yang dimiliki misalnya xxxxa.com, studio.com dan lain sebagainya. Setelah data-data tab form diisi, klik “Next” pada tampilan layar dan proses pembuatan aplikasi Android bisa langsung dimulai.

3 ) Memulai project baru

Tutorial menggunakan android studio 3

Tutorial menggunakan android studio untuk memulai project baru adalah dengan memilih “Phone & Tablet”, dan menentukan minimum dari SDK yang harus disesuaikan dengan perangkat Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam melakukan uji coba aplikasi pada perangkat Android Anda sendiri. Setelah itu, klik opsi “Next” kemudian “Blank Activity” untuk menyimpan data form yang telah diisi tadi dan klik opsi “Finish”.

4 ) Editing

Tutorial menggunakan android studio 4

Untuk memulai proses editing ini, Anda bisa langsung masuk pada bagian activity_main.xml. Akan tetapi, jangan lupa untuk membuka terlebih dahulu Design Tab agar tampilan yang muncul adalah activity_main.xml ini. Langkah selanjutnya adalah dengan menggeser tulisan “Hallo, World!” ke bagian tengah untuk mendapatkan area editing yang leluasa dan terlihat profesional. Setelah itu pilih Values Folder yang ada pada  Project File System dan klik dua kali tulisan “strings.xml”. pada data file tersebut, cara tulisan “Hallo,World!” dan diganti dengan tulisan yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah mengedit kata-kata tersebut, Anda kembali pada bagian activity_main.xml.

5 ) Membuat tombol operasi

Tutorial menggunakan android studio 5

Tutorial menggunakan android studio dalam pembuatan tombol operasi ini dimulai dengan membuka bagian Design Tab dan masuk pada activity_main.xml. Selanjutnya pilihlah tulisan “Button” pada menu Paletter dan geser tombol yang muncul pada bagian tengah layar. Setelah itu, pilihlah menu Properties dan klik “Next”. Pada menu ini, Anda bisa mengubah tulisan “New Button” sesuai dengan keinginan.

6 ) Membuat rancangan kegiatan

Hal yang harus dilakukan pertama adalah mengklik menu “App” kemudian New selanjutnya Activity dan pilih Blank Activity. Kata-kata Activity tersebut bisa diubah oleh Anda dan klik “Finish”. Setelah itu, lakukan langkah-langkah tadi mulai dari awal dengan memasuki bagian activity_second.xml dan teruskan dengan mencari Id Text Box di dalam file. Pada menu Properties, klik “Text” kemudian pilih “@string/second_page”. Dan segala fitur menarik bisa Anda tambahkan di area ini sesuai dengan aplikasi yang Anda buat.

Untuk melakukan uji coba, Anda bisa membuka tab menu dan pilh ikon dengan warna hijau. Pilih Device kemudian centang tulisan “Launch Emulator” dan Klik “Ok”. Sekian ulasan mengenai tutorial menggunakan android, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *