Benar Atau Tidak Ada Uang Rupiah Pecahan 200 Ribu?

Dikutip dari detik.com belum lama ini sosial media di gemparkan oleh sebuah foto pecahan uang 200 ribu rupiah, foto ini menyebar dengan sangat cepat di media sosial seolah-olah uang tersebut sudah beredar luas di masyarakat.

Dan tentunya hal ini membuat masyarakat dan para netizen bingung akan keaslian uang tersebut, pasalnya tidak ada pengumuman resmi dari pihak BI (Bank Indonesia) terkait pecahan uang 200 ribu tersebut. Seperti gambar yang beredar bahwa uang itu memilki warna dasar ungu, dengan lukisan 2 orang joki yang sedang menunggangi kuda pacu, di tambah dengan angka 200 ribu yang terletak di sudut atas dan samping.

Benarkah ada uang pecahan 200 ribu tersebut ?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara (tengah) memberikan keterangan pers didampingi Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Juda Agung (kanan) dan Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial, Agusman (kiri) terkait suku bunga acuan (BI Rate) di Jakarta, Kamis (15/1). BI melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) mempertahankan tingkat suku bunga acuan sebesar 7,75 persen dengan suku bunga "Lending Facility" 8 persen serta "Deposit Facility" sebesar 5,75 persen. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ed/ama/15

Tim investigasi detik.com melakukan penulusuran terkait gambar uang yang menghebohkan netizen tersebut, dan mencari asal gambar tersebut beredar. Kabar uang pecahan 200 ribu tidak hanya menyita perhatian netizen tapi juga BI (Bank Indonesia).

Pihak BI pun menanggapi gambar tersebut dengan pernyataan tertulis, yang intinya adalah belum ada pecahan Rp 200,000 yang akan dirilis dalam waktu dekat ini, dan memastikan bahwa gambar uang tersebut Palsu, Agar tidak terjadi kebingungan di masyarakat. Berikut adalah pernyataan jelasnya.

  • Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.
  • Saat ini, uang Rupiah pecahan terbesar adalah Rp.100.000.
  • Untuk tiap uang pecahan baru yang dikeluarkan, Bank Indonesia akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa dan website www.bi.go.id
  • Masyarakat dapat menemukan informasi tentang Rupiah, termasuk ciri keaslian Rupiah, di link http://www.bi.go.id/id/rupiah/default.aspx
  • Apabila terdapat pertanyaan, masyarakat dapat menghubungi contact center Bank Indonesia di (021)131 atau [email protected], pada jam kerja.

pecahan uang 200 ribu

Dari gambar yang beredar dan pernyataan BI (Bank Indonesia) di atas, dapat disimpulkan bahwa uang tersebut “PALSU” .Dan masyarakat juga bisa memeriksa uang rupiah di website yang telah tersedia. Demikian adalah investigasi dan klarifikasi dari Bank Indonesia seputar uang pecahan 200 ribu rupiah yang beredar, yang dikutip dari sumber detik.com ,Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *