Cara Membedakan Windows Asli dan Palsu

Salah satu aspek dalam memilih laptop ketika hendak membelinya adalah ketersediaan sistem operasi yang digunakannya. Katakanlah laptop yang sedang Anda incar menggunakan sistem operasi windows yang kini memang menjadi favorit bagi para pengguna komputer maupun laptop. Namun, ternyata tidak semua laptop terintsall windows secara otomatis. Bahkan dalam paket penjualan, laptop yang terinstall windows asli dan tidak memiliki selisih harga jual yang cukup tinggi bahkan hingga Rp 2.000.000,00. Hingga pada akhirnya banyak konsumen yang lebih memilih untuk menginstall windows bajakan agar mendapatkan laptop dengan harga lebih murah. Sebenarnya ada beberapa cara membedakan windows asli dan palsu, karena hal ini sangat berpengaruh pada kinerja laptop. Khususnya untuk beberapa aplikasi tertentu ternyata tidak support apabila windows yang Anda install ternyata palsu. Berikut adalah beberapa cara membedakan antara windows asli dan windows palsu.

Cara Membedakan Windows Asli dan Palsu agar Tidak Tertipu Ketika Membeli Laptop

Sudah disebutkan di atas apabila selisih harga untuk laptop yang terinstall windows asli memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada yang tidak. Ternyata hal ini juga dijadikan celah bagi beberapa oknum penjual laptop untuk mendapatkan keuntungan berlebih. Bagi para konsumen yang kurang jeli, bisa saja menjadi korban penipuan mengenai keoriginalitasan sistem operasi windows. Berikut adalah beberapa tips cara membedakan windows asli dan palsu:

1 ) Cek control panel

Cara membedakan windows asli dan palsu 1

Cara pertama yang paling mudah adalah klik pada control panel kemudian pilih ‘system’ jika sudah berhasil masuk akan tampil sebuah logo windows besar yang asli maka itu merupakan sistem operasi windows asli yang tertanam dalam komputer anda. Dalam menu yang sama, bisa juga dengan memeriksa logo yang ada di pojok kanan bawah akan tampil tulisan ‘genuine mocrosoft’.

2 ) Windows activation

Cara membedakan windows asli dan palsu 2

Masih melalui control panel, lansung saja masukan ‘windows activation’ pada kolom pencarian di control panel. Menu ini juga ada dalam pilihan ‘system’. Dengan mengklik ‘windows activate’ akan membantu Anda memeriksa keaslian produk windows beserta update-update terbaru yang hanya bisa didownload oleh pengguna windows asli.

3 ) Aplikasi online

Cara membedakan windows asli dan palsu 3

Cara membedakan windows asli dan palsu dapat pula dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi online yang langsung disediakan oleh Microsoft. Caranya sangat mudah yakni dengan masuk dalam website resmi Microsoft dan pilih menu ‘genuine validate’. Dalam menu yang sudah tertampil di sana, Anda hanya perlu mengklik tombol ‘validate now’ dan secara otomatis pihak Microsoft akan mendeteksi apakah windows yang tertanam dalam komputer anda asli atau palsu.

4 ) Harga sistem operasi

Cara membedakan windows asli dan palsu 4

Cara membedakan windows asli dan palsu terakhir namun cukup penting adalah, periksalah harga yang ditawarkan oleh penjualnya. Jika dijual kurang dari harga Rp 100.000,00 sudah pasti itu merupakan windows palsu yang sudah diperbanyak sendiri oleh para pengedarnya. Biasanya dalam kaset yang dijual sudah disertakan crack sehingga tetap dapat diinstal, namun tentu saja apabila terdeteksi palsu oleh Microsoft, layar komputer Anda bisa menjadi hitam. Untuk sebuah sistem operasi windows asli biasanya dijual seharga $100 atau kurang lebih Rp 1.500.000,00. Namun, ketika sudah mendapatkan dengan harga demikian, periksalah keasliannya juga melalui cara-cara sebelumnya.

Itulah tadi beberapa cara membedakan windows asli dan palsu yang bisa dipraktekkan ketika selesai menginstal ulang laptop. Jika dirasa harga windows sangat mahal, untuk mengakalinya Anda bisa membeli satu kaset namun dengan beberapa nomor lisensi. Dengan cara ini Anda bisa iuran dengan beberapa kawan sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *