Cara Menambah VRAM Intel HD Graphics

Bagi Anda yang gemar bermain PES namun terhambat oleh Vram yang tidak memadai maka informasi mengenai cara menambah vram tentunya sangatlah dibutuhkan. Seperti yang diketahui, tidak semua laptop memiliki kapasitas Vram yang cukup kuat untuk menjalankan program PES. Umumnya game PES membutuhkan kapasitas Vram minimal 128 MB. Sebenarnya, intel bukanlah teknologi GPU yang biasa kita pakai untuk memainkan berbagai macam game seperti Radeon ataupun Nvidia. Meskipun begitu, tak ada salahnya bukan jika kita memaksimalkan teknologi intel HD graphics untuk bermain game kesukaan di laptop?

Cara Menambah VRAM Intel Mudah

Memori VGA sendiri sebenarnya berperan sangat penting dalam proses pengolah data grafik, sama halnya dengan GPU pada gadget game. Semakin besar kapasitas memori VGA laptop makan semakin baik juga performa yang ditunjukkan dalam mengolah grafik, entah untuk menjalankan aplikasi maupun game. Yang manjadi masalah saat ini adalah banyaknya game-game berat yang mewajibkan laptop kita untuk memiliki kapasitas VGA yang cukup besar. Hal ini dilakukan agar saat bermain game, tidak muncul masalah seperti lag atau komputer yang not responding. Maka dari itu, tak heran jika banyak gamers yang mengeluh bahwa Vram laptop yang terdetek saat akan bermain game tidak mencukupi. Lalu bagaimana solusinya? Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menambah Vram. Tidak perlu datang ke ahli programmer, Anda yang ingin menambahkan Vram pada laptop sebenarnya bisa melakukannya sendiri di rumah. Oleh karena itu, kali ini akan diulas cara menambah vram pada laptop.

1 ) Menu BIOS

Cara menambah vram yang pertama adalah masuk ke dalam menu BIOS yang terdapat pada laptop. Untuk dapat masuk ke menu ini, Anda bisa menekan tombol keyboard bersamaan saat sedang menyalakan laptop. Perlu diingat bahwa setiap laptop tentunya memiliki tombol yang berbeda. Setelah masuk ke dalam menu BIOS, klik opsi Advanced Chipset Features. Apabila opsi ini tidak ditemukan maka Anda bisa memilih opsi lain yang memiliki arti kata serupa, seperti Chipset Features Setup. BIOS pada setiap laptop sebenarnya hampir sama, hanya saja kebanyakan terdapat perbedaan pada penempatan atau opsi yang disediakan.

cara menambah vram 1

2 ) UMA Frame Buffer Size

 

Langkah dalam tata cara menambah vram selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada UMA Frame Buffer Size. Di opsi ini, Anda akan diminta memilih besaran memori yang ingin diubah. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan atau spesifikasi laptop agar kinerja laptop tetap optimal meskipun Vram dinaikkan. Sebab ada beberapa kasus terkait penambahan Vram ini, yang mana performa laptop semakin lambat karena besar memori yang ditambahkan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Jika sudah memilih besaran memori yang ingin diubah, Anda bisa langsung menekan tombol ENTER pada laptop.

cara menambah vram 2

3 ) Save Settingan

Terakhir adalah menyimpan settingan BIOS yang telah dilakukan. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak bisa dilakukan pada semua PC ataupun laptop. Sebab ada beberapa laptop yang tidak bisa membagi kapasitas Vram hanya dengan melalui BIOS.

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli laptop dengan kapasitas memori VGA yang besar, tentunya penambahan Vram ini bisa dijadikan alternatif terbaik. Sekian ulasan terkait bagaimana cara menambah vram intel HD graphics. Semoga bermanfaat untuk Anda yang gemar bermain game berat ataupun aplikasi yang membutuhkan memori VGA yang mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *