Google Kembangkan Layanan SMS Yang Sempat Terlupakan, Dan Membuatnya Eksis Kembali.

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa layanan pesan singkat (SMS) pada smartphone sudah mulai tersisihkan, SMS perlahan mulai tenggelam karena kemunculan aplikasi chatting yang lebih responsive dan attractive.

Kemunculan berbagai aplikasi chat seperti line, whatsapp, kakao talk dan lainnya perlahan menyingkirkan eksistensi layanan SMS di ponsel. Mungkin kita baru akan menyadarinya ketika sedang membuka isi pesan SMS yang kebanyakan isinya hanyalah pemberitahuan dari operator, atau promosi nada sambung dan sudah jarang sekali kita menerima pesan pribadi.

Mungkin hal ini disebabkan layanan SMS yang dikenakan biaya yang cukup mahal, namun memilki fitur yang ketinggalan jauh dengan aplkasi chatting lainnya. Kehadiran smartphone dengan segala kemampuan dan aplikasinya memang memudahkan kita, yang padahal pesan layanan singkat masih kita pergunakan.

Tenggelamnya SMS menyita perhatian search engine terbesar di dunia yaitu google. Google melihat fenomena ini sebagai suatu celah dan peluang untuk kembali menaikkan eksistensi SMS. Google menggandeng beberapa operator selluler di dunia, untuk bekerja sama dalam proyek membuat pesan layanan singkat atau SMS kembali bersinar.

pesang singkat terbaru

Google akan membuat layanan SMS kaya fitur layaknya aplikasi chat yang tersedia pada smartphone, beberapa fitur yang mungkin akan dimunculkan adalah layanan MMS seperti mengirim video, gambar, menambah background gambar pada halaman pesan, melengkapi emoticon dan fitur yang bisa mengetahui apakah pesan tersebut sudah sampai, terbaca, dan dibalas.

Menurut kabar yang beredar, google dan operator selluler dunia lainnya akan mengubah pesan layanan singkat (SMS) lebih modern dan kece. Google dan kawan-kawan akan mengikuti standar yang di tetapkan oleh Rich Communication Service (RCS). Aturan dan standar dari RCS tersebut mengatakan bahwa layanan SMS lawas dapat memiliki fungsi seperti yang dimiliki oleh aplikasi chatting saat ini.

Namun sayangnya sampai kabar ini beredar luas, belum ada langkah kongkrit dari google dan kawan-kawan, terkait project membuat SMS eksis kembali. Google juga belum memastikan apakah nantinya SMS besutannya ini akan menggunakan pemotongan pulsa atau menggunakan data paket alias internet. Namun melihat keadaan saat ini rasanya tidak mungkin SMS akan kembali menggunakan sistem pemotongan pulsa setiap kirimnya.

Melihat segala potensi yang ada dan persiapan yang serius dari google dan kawan-kawan dalam project SMS yang kekinian. kabarnya sendiri google tidak sabar untuk merilis SMS yang dirancangnya, dan informasi lain mengatakan bahwa layanan pesan singkat terbaru tersebut akan rilis pada akhir tahun 2016. Jika SMS bentukan google benar-benar sempurna, sudahkah siap anda menghapus semua aplikasi chatting di smartphone anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *