Ketahui Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless Sebelum Kamu Menentukan Pilihan

Seiring berkembangnya zaman, banyak alat elektronik yang dibuat menjadi semakin mutakhir. Salah satunya adalah kamera. Jenis-jenis kamerapun menjadi semakin beragam. Jika Anda sedang berkeinginan untuk membeli sebuah kamera, Anda harus mengetahui perbedaan kamera DSLR dan mirrorless karena kedua kamera tersebut sebenarnya tidaklah sama meski fungsinya hampir sama.

Apabila Anda tidak mengetahui perbedaannya, dikhawatirkan justru memilih kamera yang kurang sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa sajakan beda kedua jenis kamera tersebut? Perbedaan tersebut meliputi bentuk fisik kamera, fungsi kamera hingga keseluruhan fitur yang diusung oleh kamera tersebut. Dengan memilihnya sesuai kebutuhan, maka fungsi kamera akan menjadi semakin maksimal.

Untuk pertimbangan awal dalam memilih kamera, maka perbedaan kamera DSLR dan mirrorless yang paling mendasar dapat Anda lihat dari bentuk fisik kamera. Yang pertama adalah berat atau bobot kamera itu sendiri. Seperti yang Anda lihat, ukuran kamera DSLR cenderung lebih besar serta gemuk. Artinya kamera ini akan sangat nyaman bagi pengguna yang memiliki ukuran tangan yang besar serta tenaga yang cukup kuat untuk menopangnya. Jika tangan Anda berukuran cukup kecil, ada baiknya Anda memilih kamera mirrorless saja.

Lensa juga menjadi pertimbangan ketika Anda memilih kamera. Lensa DSLR cenderung lebih beragam dan memiliki harga yang murah. Sedangkan lensa mirrorless lebih mahal dan terkadang sulit dicari, terlebih untuk lensa-lensa berukuran khusus.

Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless Bagian Fungsinya

perbedaan kamera DSLR dan mirrorless

Jika Anda adalah seseorang yang sangat gemar melihat atau mengincar objek foto dari viewfinder, maka Anda harus memilih DSLR sebagai kamera Anda. Tetapi jika tampilan layar sudah cukup untuk memberikan Anda incaran dalam memotret, maka Anda bisa menggunakan kamera mirrorless. Ketiadaan kaca atau mirror pada kamera mirroless membuatnya kehilangan kemampuan untuk melakukan incaran dari viewfinder.

Meski kedua kamera ini memiliki fitur yang hampir serupa, namun untuk urusan autofokus, DSLR masih lebih unggul daripada mirrorless. Waktu yang dibutuhkan DSLR untuk melacak posisi objek cenderung lebih singkat ketimbang mirrorless. Perbedaan kamera DSLR dan mirrorless ini dapat menjadi pertimbangan  dalam menjatuhkan pilihan.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan mirrorless sebagai kamera generasi masa depan semakin intens. Namun untuk urusan videografi, tentu DSLR adalah kamera yang layak diuji ketangguhannya. Kamera DSLR memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Selain itu, continuous AF yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan video sangat berjalan baik pada DSLR. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa mirrorless lebih buruk daripada DSLR, kamera ini tetap memiliki kelebihan tersendiri.

Untuk fitur digital yang tertanam kamera, mirrorless memiliki keunggulan tersendiri. Anda bisa melakukan banyak variasi dalam foto menggunakan mirrorless. Bahkan untuk mengedit foto, Anda bisa melakukannya lewat kamera Anda. perbedaan kamera DSLR dan mirrorless inilah yang sering membuat pengguna lebih memilih mirrorless.

Aspek lain yang juga patut untuk dipertimbangkan adalah kualitas gambar. Sejatinya kedua kamera memiliki kualitas yang setara karena biasanya menggunakan ukuran sensor yang sama. Namun, ukuran yang diciptakan oleh mirrorless cenderung lebih kecil.

Jika Anda berniat untuk membeli kamera, maka Anda bisa dengan mudah memperkirakan kebutuhan Anda sendiri. Budget juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri karena mirrorless cenderung lebih mahal. Jika Anda menginginkan kepraktisan, mirrorless bisa menjadi pilihan, namun perbedaan kamera DSLR dan mirrorless cenderung lebih unggul pada DSLR terutama untuk fungsi dan hasil yang didapatkan.

Baca juga Tips Membuat Film Pendek dengan DSLR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *