Cara Daftar dan Pasang Kode Tracking Google Analytics di WordPress

Perkembangan yang amat pesat dalam dunia teknologi informasi pun dapat dimanfaatkan untuk mendulang rejeki. Setidaknya, jika Anda ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah dari internet, Anda harus memiliki website atau blog yang baik. Untuk parameter baik dan tidaknya performa website, silahkan pasang Google Analytics. Cara daftar dan pasang google analytics adalah sebagai berikut.

Cara Daftar dan Pasang Google Analytics di WordPress, Blogger dan Website

Layanan analisa dari Google ini sangat bermanfaat untuk bagaimana performa statistik situs web Anda. Kelebihan fitur ini adalah bisa diakses secara cuma-cuma atau gratis. Google Analitycs adalah sebuah layanan resmi dari Google yang sangat dibutuhkan oleh para pengelola situs web demi meningkatkan dan memperbaiki kinerja situs web Anda ke depannya. Namun, terlebih dahulu Anda harus mengetahui instruksinya. Cara daftar dan pasang google analytics ini sangat mudah jika Anda mengikuti instruksi yang benar. Berikut ini adalah langkah pertamanya.

Cara daftar dan pasang google analytics 1

  1. Pertama-tama Anda tentu harus memiliki akun google lengkap dengan gmailnya. Jika belum, Anda tentu harus membuatnya terlebih dahulu.
  2. Silahkan login ke halaman resmi dari Google Analitics untuk mendaftarkan akun Anda tersebut, yaitu akun Google yang sudah Anda miliki tadi.
  3. Isi semua daftar yang tertera pada halaman dengan data pribadi yang valid. Data yang valid membantu memudahkan Anda dapat mendapatkan tracking code atau kode pelacakan Google Analytics.
  4. Lalu, pada bagian “What would you like to track?” Anda bisa memilih “Website” selanjutnya centanglah pilihan “Universal Analytics”. Isilah nama website serta URL website yang Anda kelola.
  5. Jika semua data telah diisi dengan lengkap, selanjutnya klik “Get Tracking ID” dan klik “accept” ketika muncul pop up yang menjelaskan syarat dan ketentuan.
  6. Setelah itu, Anda akan segera mendapatkan kode pelacakan yang Anda inginkan. Kode ini nantinya dapat diletakkan di situs yang sedang Anda kelola. Copy Paste terlebih dahulu kode yang sudah berhasil Anda dapatkan di Word atau Notepad dan simpan agar tidak hilang. Karena kode tersebut dirasakan sangat penting, pastikan Anda tidak memberikan ID Anda kepada orang lain agar tidak terjadi penyalahgunaan. Cara daftar dan pasang google analytics sampai tahap ini masih bisa diikuti bukan?

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda harus mengikuti cara pasang Google Analytics berikut ini. Jika website yang Anda kelola adalah WordPress, maka langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

Cara daftar dan pasang google analytics 2

  1. Copy dahulu kode pelacakan yang sudah Anda dapatkan dengan petunjuk di atas.
  2. Login ke situs WordPress Anda
  3. Klik “Appearance” setelah itu pilih “editor” dan selanjutnya pilih “Footer (footer.php). Paste kode tracking tepat pada bagian sebelah atas tag </body>. Ini adalah Cara daftar dan pasang google analytics yang sangat mudah untuk WordPress.

Selanjutnya jika Anda ingin memasang pada situs web berjenis Blog, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Cara daftar dan pasang google analytics 3

  1. Copy kode pelacakan yang sudah didapatkan tadi.
  2. Silahkan login ke akun Blogger Anda
  3. Pilihlah menu “Template” lalu pilih “Edit Template”
  4. Paste kode tracking atau kode pelacakan tadi tepat di bagian atas tag </head>
  5. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan

Lalu, silahkan kembali ke halaman Google Analytics, dan tekan F5. Lihatlah pemberitahuan mengenai kode tracking apakah pelacakan berhasil dilakukan atau tidak.  Demikian adalah Cara daftar dan pasang google analytics yang sangat mudah untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *