Begini Cara Kalau Mau Menjadi Driver Grabbike

Aplikasi online kian hari kian ramai oleh produk-produk terbaru baik dari pengembang lokal maupun luar negeri. Semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dengan beragam aplikasi yang ada salah satunya masalah transportasi. Setelah beberapa waktu lalu, masyarakat diramaikan oleh aplikasi pemesanan transportasi GO-Jek yang laris manis digunakan. Kali ini ada aplikasi transportasi baru yang diberi nama Grabbike. Grabbike adalah aplikasi pemesanan ojek online yang hadir sejak bulan Mei 2015 lalu. Tercatat, aplikasi ini sudah memiliki sekitar 2000 driver. Namun, semakin meningkatnya permintaan masyarakat yang mencapai 500 ribu orang, membuat pengembang harus merekrut driver baru yang lebih banyak. Jika Anda tertarik untuk bekerja di aplikasi ini, berikut beberapa cara menjadi driver Grabbike yang harus dilakukan.

Cara Menjadi Driver Grabbike yang Perlu Diketahui

cara menjadi driver Grabbike

1 ) Penyerahan Syarat-Syarat Pendaftaran

Cara menjadi driver Grabbike yang pertama adalah dengan menyerahkan syarat-syarat pendaftaran. Syarat pertama untuk identitas diri yang meliputi Fotocopy KTP yang masih berlaku dan Fotocopoy Kartu Keluarga minimal tahun 2010. Syarat kedua untuk informasi bukti kendaraan yang meliputi Fotocopy STNK dan Fotocopy SIM C yang masih berlaku (hidup). Syarat lainnya adalah surat keterangan sehat untuk pendaftar yang sudah berusia senja 50 tahun ke atas dan SKCK ASLI yang masih berlaku.  Selain itu, calon driver juga harus membayar uang TOPUP layaknya biaya administrasi. Ada dua pilihan TOPUP yang berbeda tergantung Smartphone dari Grabbike atau Smartphone sendiri. Calon driver yang menggunakan cicilan smartphone dari Grabbike dikenakan biaya TOPUP sebesar Rp 150.000. Sedangkan, calon driver yang menggunakan smartphone pribadi hanya dikenakan biaya TOPUP sebesar Rp 100.000 saja.

2 ) Pengecekan Kendaraan

Setelah masalah persyaratan pendaftaran telah selesai, cara menjadi driver Grabbike yang selanjutnya adalah lolos pengecekan kendaraan bermotor. Pengecekan kendaraan bermotor ini meliputi uji kelengkapan dan uji kelayakan motor yang digunakan sebagai ojek. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan penumpang selama menggunakan jasa ojek dari aplikasi Grabbike ini. Contoh uji kelengkapan adalah pengecekan berkas-berkas pendaftaran dan smartphone yang diberikan. Sedangkan contoh uji kelayakan motor adalah kecakraman rem motor, lampu-lampu wajib motor dan kadar emisi buang gas motor. Jadi, jika Anda memang berencana menjadi driver Grabbike, pastikan motor yang digunakan dalam kondisi sangat prima dan semua berkas lengkap.

3 ) Training Smartphone

Cara menjadi driver Grabbike yang berikutnya adalah lolos training pengoperasian smartphone. Driver dan penumpang berkomunikasi via aplikasi smartphone Grabbike jadi mahir dalam penggunaan smartphone menjadi hal yang mutlak. Training ini meliputi pengajaran menu-menu yang tersedia di dalam aplikasi Grabbike dan biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan para penumpang. Namun, bagi Anda yang terbiasa bermain smartphone tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

4 ) Training Berkendara

Cara yang terakhir adalah lolos training berkendara. Training berkendara ini meliputi penjelasan mengenai tata tertib berkendara di jalanan yang aman dan benar. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan penumpang selama menggunakan jasa ojek. Kegiatan ini berakhir dengan diberikannya perlengkapan kerja Grabbike kepada driver-driver yang terpilih. Pada proses ini, driver juga harus menyerahkan salah satu dokumen jaminan asli baik berupa BPKB motor, Buku Nikah atau Ijazah minimal SMA.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara menjadi driver Grabbike yang sedang booming saat ini. Selain memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi yang aman dan nyaman. Anda yang sedang kesulitan mencari pekerjaan di kota Jakarta dan sekitarnya bisa melamar sebagai driver dalam aplikasi Grabbike yang profesional. Persyaratan untuk mendaftar dan seleksinya juga tergolong mudah. Selamat Mendaftar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *