Cara Daftarkan Blog ke Feedburner Paling Terbaru

Feedburner merupakan layanan mutakhir yang tergabung dalam layanan RSS Burner. Layanan ini memiliki banyak manfaat untuk mengoptimalkan blog atau situs web Anda. Apa itu RSS burner? Untuk lebih memudahkan Anda, sebaiknya kenali dulu layanan ini. RSS (Really Simple Syndication) merupakan alat yang akan mengambil konten paling baru dari situs Anda untuk dipromosikan. Secara umum, Feedburner adalah sebuah web-based tools yang mampu memberikan kemudahan untuk memanage sekaligus mempromosikan blog. FeedBurner telah didirikan sejak 2004 silam. Pada awalnya, layanan ini merupakan layanan yang masih bergerak dalam bidang sederhana. Akan tetapi setelah diakuisisi oleh Google, layanan ini menjadi lebih tepercaya. Lalu, bagaimana cara daftarkan blog ke feedburner? Simak saja ulasannya berikut ini.

Tips Mudah Cara Daftarkan Blog Ke Feedburner

cara daftarkan blog ke feedburner 1

Sebelum mencari tahu bagaimana cara daftarkan blog ke feedburner? Sebaiknya Anda tahu dulu bagaimana membuat akun dalam layanan ini. Pertama-tama, tentu akan dijelaskan bagaimana mendapatkan akun di RSS Feedburner terlebih dahulu. Layanan ini bisa diakses melalui situs resminya, yaitu bisa melalui feedburner.google.com dan login menggunakan email dari Gmail. Email dari google ini menjadi tiket untuk akses feedburner. Setelah itu, baru Anda bisa mendaftarkan blog Anda. Untuk langkah selanjutnya, simak saja tahap-tahapnya berikut ini.

  1. Masuk ke situs resmi RSS Fedburner dan login menggunakan Gmail.
  2. Pada halaman Feedburner dari Google, Anda harus mengisikan alamat URL Anda pada kotak yang sudah disediakan.
  3. Setelah itu, layanan Feedburner ini akan melacak alamat feed Anda. Selanjutnya, Anda bisa memilih Atom atau RSS sesuai dengan keinginan Anda. Feedburner yang berhasil dilacak akan menampilkan dialog yang menunjukkan bahwa layanan ini telah berhasil menemukan situs Anda. Akan tetapi, jika tidak berhasil, maka tampilannya adalah “Not Found”. Selama belum berhasil, sebaiknya ulangi langkah-langkah cara daftarkan blog ke feedburner yang sudah dijelaskan di atas.
  4. Tentukan apa nama feeds Anda dan klik “next”
  5. Jika berhasil, Anda akan menerima dialog yang berisi pemberitahuan mengenai proses pembuatan feedburner telah berhasil. Setelah itu, Anda harus simpan alamat feedburner Anda. Selanjutnya, klik “next”.
  6. Halaman yang akan muncul berikutnya adalah “Configure Your Podcast and Tell iTunes How to List It”. Langsung saja klik “Next”
  7. Klik next sampai Anda mendapatkan pemberitahuan berupa “You have successfully update the feed “nama blog Anda”. Setelah itu, Anda tinggal mengaktifkannya saja.

Selanjutnya, cara memasang RSS Burner ke Blog adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke akun Blog Anda
  2. Pilih menu “Setelan” lalu “Lainnya”
  3. Pilih “Posting URL Pengubahan Arah Feed” lalu klik “Tambah”.
  4. Masukkan URL Feedburner yang sudah Anda dapatkan.
  5. Klik “Simpat Setelan”
  6. Langkah berikutnya adalah Anda akan mendapatkan kode script feed yang harus dipasang di blog jika Anda ingin memasang feed tersebut. Misalnya, jika Anda berniat memasang feed untuk gadget. Pilih salah satu dari service yang telah disediakan. Caranya sangat mudah, yaitu pilih “Publicize”, lalu “Email Subscription”, pada pilihan “Use as widget ini” anda bisa ganti dengan Blogger. Kemudian Copy scriptfeed burner yang tersedia.
  7. Masuk kembali ke bagian pengaturan tata letak (template) dan pilih tambahkan gadget. Silahkan pilih saja di mana lokasi yang tepat untuk meletakannya widget feed.
  8. Terakhir, masukkan kode script yang sudah Anda dapatkan tadi. Cara daftarkan blog ke feedburner memang cukup panjang.

Demikian adalah langkah mudah untuk cara daftarkan blog ke feedburner dan juga memasang feedburner ke blog Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *