Cara Menjadi Dropshipper Tokopedia Secara Resmi

Dropshipper adalah metode penjualan barang yang marak digeluti karena memiliki keuntungan. Salah satu tempat yang memberikan kesempatan untuk menjadi dropshipper adalah Tokopedia. Ada beberapa cara menjadi dropshipper tokopedia yang dapat dilakukan jika anda memang ingin terjun ke bisnis online. Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dropshipping and dropshiper.

Ketika berjualan online, Anda tidak harus memiliki stok barang secara langsung melainkan berada di supplier utama. Ketika order datang, penjual meneruskan ke supplier yang akan mengirim barang ke alamat pembeli atas nama penjual. Jadi bisa dikatakan, penjual adalah perantara untuk memperluas jaringan dari para supplier. Anda hanya berkecimpung di sisi marketing sedangkan pengemasan dan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier.

Cara Menjadi Dropshipper Tokopedia dengan Mudah dan Aman

cara menjadi dropshipper tokopedia 1

1 ) Kenali sistemnya

Cara menjadi dropshipper tokopedia yang paling dasar adalah mengenali sistemnya. Secara otomatis marketplace online ini sudah memiliki fitur yang mendukung dropshipping. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenali lebih dekat bahkan terperinci terkait sistem penjualan ini. Banyak kasus terjadi bukan karena barang tidak terkirim atau kesalahan pemilihan produk, melainkan kesalahpahaman antara penjual, pembeli dan supplier.

2 ) Pilih produk dan supplier yang tepat

Menjadi penjual yang mengandalkan sistem dropshipping bukan sesuatu yang mudah. Untuk barang memang tidak ada batasan karena Anda bisa menjual apapun di Tokopedia selama barang tersebut legal dan tidak melanggar ketentuan. Namun, fokus pada satu atau beberapa item akan lebih baik terutama jika mendapatkan supplier tepercaya. Cara termudah untuk mengenal supplier tepercaya adlah dari reputasi yang dimilikinya. Jika Anda masih baru di sistem bisnis ini, bekerjasama dengan mereka yang telah berpengalaman dapat mengurangi resiko finansial. Di Tokopedia, setiap penjual dan pembeli akan mendapatkan reputasi dan rating secara objektif sehingga sangat membantu ketika memutuskan masuk ke dunia dropshipping.

3 ) Menghubungi supplier

Cara menjadi dropshipper tokopedia selanjutnya adalah segera menghubungi supplier yang bersangkutan. Masing-masing suplier memiliki syarat dan ketentuan tersendiri terkait dropshipper sehingga dibutuhkan penjelasan yang komprehensif. Yang perlu ditanyakan dari supplier adalah alamat lengkap serta kejelasan stock barang. Sebagai penjual, produk harus selalu di update untuk menarik lebih banyak pembeli terutama barang bertipe fast moving atau trend. Ada baiknya untuk berkunjung secara langsung ke gudang barang supplier jika waktu dan tempat memungkinkan. Yang paling utama adalah mengenal lebih dekat supplier dan barang yang diproduksinya. Selanjutnya terkait harga. Anda harus mengetahui lebih detail komposisi biaya dan harga dari suatu barang untuk membantu perhitungan laba rugi.

Baca juga cara menjadi dropshipper di ebay

4 ) Mendaftar untuk menjadi dropshipper

Setelah tahu bagaimana sistem yang digunakan serta yakin dengan supplier barang yang akan Anda jual, hal terakhir yang dilakukan adalah mendaftar. Di Tokopedia, penjual yang menggunakan dropshipper harus melakukan verifikasi ke supplier sehingga secara otomatis sistem akan mengenali setiap kali transaksi berlangsung. Dari semua cara menjadi dropshipper tokopedia, hal terakhir ini memang tidak terlalu sulit apalagi Tokopedia sudah mengakomodasi para penjual sistem dropshipping.

Di era modern, menjual barang secara online sudah menjadi hal biasa. Anda yang tinggal di luar Jawa dapat menjual barang dengan sistem dropshipping dari supplier yang berkedudukan di salah satu kota di Jawa. Dari cara menjadi dropshipper tokopedia yang dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bila menjadi dropshipper membutuhkan beberapa hal penting agar semuanya berjalan lancar. Oleh karena itu, prinsip utama yang dipegang adalah pahami lalu jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *