Cara Shutdown Windows 10 dengan Suara

Microsoft lagi-lagi mengoptimalkan dan memutakhirkan sistem operasinya sejak terakhir kali mengalami peningkatan dari Windows 8 menjadi Windows 8.1. Kini, sistem terbaru yang ditawarkan oleh Microsoft yakni Windows 10 memiliki fitur perintah suara yang memudahkan penggunanya untuk mengakses jenis file dan menjalankan program. Lalu, bagaimana cara shutdown Windows 10 dengan perintah suara? Windows 10 sendiri telah dilengkapi dengan Cortana sehingga beberapa file dan program dapat diakses dan dijalankan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan perintah shutdown pada komputer Anda. Jika langkah-langkah tersebut telah dilakukan dengan benar, kemudian selanjutnya akan mudah bagi Anda jika ingin melakukan perintah shutdown. Berikut langkah-langkah lengkapnya.

Cara Shutdown Windows 10 dengan Suara dan Bantuan Cortana

Cara shutdown Windows 10 dengan perintah suara 1

1 ) Mengecek Fitur Cortana

Untuk memulai cara shutdown windows 10 dengan perintah suara ialah memastikan bahwa fitur Cortana yang ada pada komputer atau laptop Anda dapat berjalan dengan baik dan optimal. Jika fitur tersebut rusak, maka hal yang wajib Anda lakukan adalah melakukan instal ulang pada PC Anda tersebut. Kemudian apabila fitur tersebut baik-baik saja, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.

2 ) Membuat Shortcut

Langkah kedua dari cara shutdown Windows 10 dengan perintah suara yaitu dengan membuat shortcut baru. Cara untuk membuat shortcut ialah dengan mengklik kanan pada halaman utama lalu pilih New kemudian Shortcut. Setelah muncul kolom pada shortcut baru tersebut, ketikkan perintah shutdown.exe -s. Perintah ini merupakan perintah umum dan sering dijalankan pada program CMD pada operasi Windows kebanyakan. Setelah menginput perintah shutdown.exe tersebut, lanjutkan ke tombol next untuk menuliskan nama shortcut yang telah dibuat sebelumnya. Isilah nama tersebut dengan nama yang nantinya akan lebih mudah dikenali oleh Cortana misalnya “Shutdown”. Setelah selesai, kemudian pilih opsi Finish pada langkah selanjutnya.

3 ) Mengopi File Shortcut

Setelah selesai, copy file shortcut tersebut pada direktori penyimpanan disk C pada folder All Program Windows 10.

Direktori file biasanya terletak di C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs. Dengan langkah-langkah tersebut, Anda telah membuat shortcut untuk perintah shutdown dengan suara tanpa harus mengakses dan menjalankan program pada komputer Anda. Cara shutdown Windows 10 dengan perintah suara ini selanjutnya dapat Anda gunakan hanya dengan mengucapkan kata-kata “Hey Cortana, open shutdown.” Dengan demikian, fitur Cortana akan secara otomatis menjalankan perintah dan kemudian komputer Anda akan langsung shutdown atau mati dengan sendirinya.

Fitur Cortana selain mampu menjalankan perintah shutdown, dapat Anda gunakan untuk menjalankan perintah seperti log off dan restart. Tentu, hal ini akan sangat membantu apabila Anda dalam keadaan terburu-buru. Cukup dengan membuat shortcut baru seperti di atas dengan mengganti nama menjadi shortcut.exe – l untuk perintah log off dan shortcut.exe – r untuk perintah restart dan kemudian copy shortcut tersebut ke direktori file yang telah disebutkan sebelumnya.

Cukup mudah bukan untuk menjalankan langkah-langkah di atas? Dengan menggunakan cara tersebut, Anda tidak perlu lagi menggunakan akses secara langsung dengan menjalankan program untuk mematikan komputer Anda. Cukup dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat menjalankan program seperti shutdown, restart, dan log off secara otomatis. Perlu diingat sekali lagi bahwa cara shutdown Windows 10 dengan perintah suara hanya akan berfungsi jika fitur Cortana berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda dapat mengecek dan meminta bantuan apabila  ditemukan fitur tersebut tidak mampu berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *