Mau Bekerja di Google? Berikut adalah Syarat Menjadi Karyawan Google Indonesia

Saat kita berbicara mengenai kerja di google, maka apa yang pertama kali akan terlintas di pikiran Anda? Gaji besar, kreativitas tinggi, inovasi yang tidak ada habisnya dan masih banyak lagi. Maka dari itu, tak heran jika syarat jadi karyawan google menjadi pertanyaan terbesar banyak masyarakat di dunia tak terkecuali di Indonesia. Bagaimana tidak? Saat seseorang mencari informasi melalui media internet, maka kata yang akan diketik pertama kali kebanyakan adalah google. Bahkan berdasarkan survey yang dilakukan oleh para ahli, setidaknya terdapat lebih dari dua juta orang dalam satu menit yang melakukan pencarian di google.

Banyak masyarakat yang penasaran terkait siapa saja orang-orang hebat yang berada di balik layar google sehingga membuat  mesin pencari ini menjadi nomor satu di dunia. Satu yang paling pasti, google menganggap bahwa IPK bukanlah penentu diterima tidaknya seseorang di perusahaan ternama tersebut. Lalu, jika bukan IPK apakah persyaratan untuk bisa bekerja di perusahaan google?

5 Syarat Jadi Karyawan Google

syarat jadi karyawan google 1

1 ) Kemampuan kognitif umum

Syarat jadi karyawan google yang pertama adalah memiliki kemampuan koginitif yang sangat baik. Kemampuan ini sering juga dikenal dengan nama General Cognitive Ability. Lain halnya dengan IQ, kemampuan ini adalah suatu kemampuan belajar seseorang dalam menyerap berbagai macam informasi dengan baik. Untuk mengetahui kemampuan ini, maka para pelamar tentunya akan di interview atau di tes dengan orang-orang yang tentunya berpengalaman dalam bidang psikologi.

2 ) Kepemimpinan

Mungkin hampir setiap perusahaan dalam menjaring karyawan barunya melakukan penilaian berdasarkan kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang. Namun, berbeda dengan traditional leadership seperti pada umumnya, google justru lebih fokus dengan penilaian bagaimana leadership calon karyawannya dalam mengambil sikap saat dihadapkan dengan masalah. Tak hanya itu, akan dinilai pula bagaimana dirinya maju sebagai pemimpin saat menjadi team, tanggapannya saat diharuskan kritis, memegang kekuasaan dan lain sebagainya.

3 ) Kerendahan hati

Banyak orang yang mengesampingkan kerendahan hati saat ia bekerja. Padahal google juga mempertimbangkan hal ini. Pihak google berpendapat bahwa banyak di luar sana orang-orang dengan IQ tinggi, lulusan perguruan tinggi terkemuka namun tidak memiliki kerendahan hati. Hal inilah yang nantinya akan memunculkan ego di dalam team. Saat berhasil, orang-orang seperti itu akan merasa genius namun ketika gagal mereka akan mengutarakan banyak alasan. Hal inilah yang mendasari pihak google menambah penilaian ini dalam syarat jadi karyawan google.

4 ) Rasa tanggung jawab

Sepertinya penilaian ini sudah sangat jelas, sebab tak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan baik tanpa adanya rasa tanggung jawab dan rasa memiliki dalam bekerja. Oleh karena itu, rasa tanggung jawab menjadi hal yang sangat penting dalam penilaian kriteria calon karyawan google.

5 ) Keahlian

Syarat jadi karyawan google yang terakhir adalah keahlian. Setelah softkill tadi dimiliki, barulah pihak google membicarakan keahlian. Kemampuan ini menjadi atribut yang begitu penting sebab saat seseorang memiliki kemampuan kognitif, kemauan belajar yang tinggi, berjiwa kepemimpinan dan lain sebagainya, keahlian menjadi tombak dalam seseorang menerapkan apa yang ia ketahui untuk menyelesaikan masalah. Keahlian ini bukan berarti satu orang satu kali mencoba lalu berhasil, melainkan seseorang yang ahli dalam suatu bidang karena memang sudah melakukannya selama berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang tidak sedikit.

Bisa kita lihat bahwa pada akhirnya softkill justru lebih dipertimbangkan oleh perusahaan besar dalam merekrut karyawan barunya. Bahkan untuk sekelas perusahaan google sekalipun. Demikian ulasan mengenai syarat jadi karyawan google, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *