Apa itu Web Deindex? Dan Cara Mengatasi Deindex Google

Cara mengatasi deindex Google akan membantu Anda mengatasi permasalahan yang terjadi pada website atau blog pribadi Anda. Bagi Anda yang baru mendengar istilah deindex, perlu diketahui bahwa deindex merupakan permasalahan yang menyebabkan situs atau website tidak terdaftar pada index Google, sehingga website Anda tidak mampu menghasilkan traffic website. Untuk mengetahui apakah website Anda deindex atau tidak, caranya mudah hanya dengan memasukan url situs website pada Google search atau web browser. Namun, jika posisi situs Anda tidak tampak pada halaman pertama mesin pencarian, jangan dulu berfikir bahwa masuk deindex, bisa saja website Anda tidak mampu bersaing dengan situs lain.

Cara Mengatasi Deindex Google dengan Mudah

Ada beberapa penyebab deindex, yang pertama yaitu minimnya backlink berkualitas untuk situs pribadi Anda. Kedua adalah kurang baiknya optimasi onpage dan yang ketiga adalah masih berlakunya sanksi dari Google untuk website Anda. Deindex memang memberikan kerugian bagi pemilik website atau blog, antara lain visitor akan berkurang, image brand akan hilang karena tidak muncul pada mesin pencari Google dan traffic website akan menurun. Bagi Anda yang memiliki permasalahan deindex, berikut cara mengatasi deindex Google yang bisa Anda lakukan.

cara mengatasi deindex Google 1

  • Jika terjadi deindex, jangan terburu-buru untuk menghapus situs lama Anda. Anda cukup perbaiki dulu website tersebut. Jika Anda menggunakan website wordpress atau blogger, Anda bisa menghapus dulu beberapa plugin Search Engine Optimization (SEO). Mengapa plugin ini perlu dihapus? Google bisa saja mendeteksi SEO pada website Anda dan membuat website tersebut tidak bisa dideteksi atau deindex.
  • Perbaiki navigasi Website. Hal ini sangat penting untuk pengunjung website. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung menemukan menu yang tersedia di website Anda. Perbaikan website bisa dengan cara melengkapi menu-menu yang tertera di halaman utama situs, seperti Contact, About, Privacy Policy, Anti-Spam atau Desclaimer.
  • Cara mengtasi deindex Google juga bsia melalui isi atau konten dalam website. Jika Anda memberikan artikel, maka buatlah konten atau artikel yang berkualitas, unik dan menarik. Hal ini terbukti mampu menarik pengunjung website. Buatlah konten atau artikel berisi minimal 300 kata dan mengandung topik yang unik. Perlu diingat, jangan sampai Anda membuat artikel berisi copy paste dari website lain dan berisi tata bahasa yang baik sehingga jelas dibaca.
  • Ubah profil registrasi pada domain Anda dan jika website terkena deindex, usahakan untuk menggunakan hosting yang berbeda.
  • Cobalah untuk login ke Google webmasters. Masukan domain Anda ke dalam webmasters, hal ini bertujuan untuk mengecek apakah website terkena deindex atau tidak. Jangan lupa langkah selanjutnya adalah verifikasi website.
  • Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan verifikasi pada Google dengan cara mengirim email untuk mengembalikan situs yang deindex dan melampirkan alasan mengapa situs Anda harus kembali normal. Anda bisa masuk ke Google – webmasters-tools dan reconsideration.

Langkah-langkah tersebut bisa mengembalikan website terindex pada Google. Biasanya akan terverifikasi dalam waktu kurang lebih tiga hari. Jika website Anda adalah jenis website exact atau menggunakan keyword tertentu untuk meningkatkan traffic website, maka Anda harus rajin mengupdate konten yang ada di website. Jangan lupa untuk membangun backlink alami dan wajar. Deindex bukan alasan bagi Anda untuk tetap berkarya pada website. Selamat mencoba cara mengatasi deindex Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *