Cara Membuka Foto yang Telah Terhapus di Whatsapp

Cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp – Bagi pengguna smartphone, aplikasi whatsapp tentu sudah tidak asing lagi. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp. Aplikasi ini memang banyak diminati karena memiliki banyak fitur menarik, diantaranya adalah chatting, mengirim video, lokasi, gambar dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan komunikasi via telepon online yang sangat membantu penggunanya untuk mengobrol secara langsung. Yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini adalah fiturnya yang ringan dan bisa dioperasikan pada jaringan internet yang minim sekalipun.

Cara Membuka Foto yang Telah Terhapus di Whatsapp dengan Mudah

Anda mungkin pernah secara tidak sengaja menghapus pesan penting atau foto pada menu chat whatsapp, baik dari pasangan, orang tua atau rekan bisnis. Lalu, apa yang harus diperbuat? Apabila sebelumnya Anda telah memanfaatkan fasilitas backup pesan dengan Google Drive, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun, apabila ternyata Anda tidak melakukan pengaturan tersebut, bagaimana caranya mengembalikan pesan atau media berupa foto, video dan lain sebagainya yang telah terhapus? Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah ulasan lengkapnya.

1 ) File backup

cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp

Cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp yang pertama adalah melalui file backup. Pada dasarnya, WhatsApp membuat data backup sendiri dari semua file yang ada berdasarkan waktu yang terdapat pada sistem. File backup tersebut telah tersimpan secara otomatis pada SDcard ponsel. File ini disimpan sesuai dengan nama dan lokasi penyimpanan. Cara mencarinya adalah, dibuka file manager pada ponsel kemudian cari folder database whatsaap yang tersimpan pada Sdcard. Biasanya file tersebut berakhiran “.crypt8”. Di folder tersebut Anda akan melihat banyak file. Untuk dapat mengembalikan percakapan termasuk foto dan lain-lain yang dibutuhkan, Anda pilih data sesuai dengan tanggal pesan.

Selanjutnya, Anda sambungkan ponsel dengan komputer. Lalu dibuka website Recover Messages yang memberikan pelayanan untuk mengembalikan data aplikasi whatsaap yang hilang. Selanjutnya, dipilih opsi Select SQLite File lalu backup file. Terakhir, pilih I Accept dan tombol Scan. Untuk proses ini, Ana harus sabar karena akan memakan waktu selang beberapa menit. Hal ini tergantung dari seberapa besar ukuran file backup serta kecepatan jaringan Internet.

2 ) Uninstall

cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp 2

Cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp yang kedua adalah menguninstallnya. Cara ini memang sangat sederhana karena Anda hanya perlu mengunsinstall aplikasi kemudian menginstallnya kembali. Setelah Anda masuk ke aplikasi whatsapp, akan ada pilihan yang harus dipilih apakah ingin mengembalikan data yang telah hilang atau tidak. Jika ingin, maka Anda hanya perlu mengklik “yes”.

Proses ini memerlukan waktu yang cukup banyak karena data yang dikembalikan bukan hanya teks melainkan foto, video, audio dan lain sebagainya. Setelah proses selesai, Anda bisa masuk ke whatsapp seperti biasa dan akan dilihat history percakapan. Untuk dapat melihat foto atau media yang lainnya, Anda hanya perlu membuka Manager File dan masuk ke penyimpanan SDCard. Pilih folder whatsapp lalu media. Di folder tersebut akan ada foto, video maupun audio yang tersimpan secara otomatis. Jika tidak ingin media tersebut terdownload secara otomatis karena memakan banyak kuota internet, Anda bisa melakukan pengaturan pada whatsapp.
Demikian ulasan mengenai cara membuka foto yang telah terhapus di whatsapp. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang kebingungan mengembalikan data-data pada aplikasi whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *