Cara Mengatasi Android Yang Bootloop (Tidak Bisa Start)

Dewasa ini hampir semua orang pastinya telah menggunakan smartphone, salah satunya yakni smartphone dengan sistem operasi Android. Untuk jenisnya sendiri sistem operasi ini sudah memiliki banyak jenisnya dari awal muncul. Yang terbaru yaitu Android 6.0 Marsmellow. Dengan sistem ini smartphone bisa bekerja secara optimal. Tidak hanya itu saja, berbagai aplikasi bisa dipakai dalam sistem Android.

Terlepas dari berbagai kelebihannya, terkadang sistem smartphone ini bisa juga mengalami masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh para penggunanya yaitu masalah Bootloop. Bootloop sendiri merupakan keadaan dimana ponsel pintar tiba-tiba mati dan tidak bisa masuk ke dalam menu utama ponsel saat dinyalakan kembali. Bagaimana cara mengatasi android yang bootloop? Dalam artikel ini akan ulasan mengenai tips memperbaikinya.

Jenis Bootloop dan Cara Mengatasi Android yang Bootloop

cara mengatasi android yang bootloop 2

Sebelum dijelaskan berbagai cara mengatasi android yang bootloop, perlu diketahui bahwa penyebab masalah Android ini bisa bermacam-macam. Pertama yaitu karena banyaknya aplikasi yang sudah terinstal di dalam ponsel yang mana menyebabkan sistem atau cache menjadi berat. Kedua yaitu disebabkan oleh pengoperasian beberapa aplikasi yang terlalu lama serta terlalu sering. Faktor kedua ini akan membuat smartphone Anda cepat lelah dan sulit untuk melakukan booting. Faktor penyebab selanjutnya yaitu proses rooting yang tidak sesuai dengan prosedur.

Faktor penyebab yang beragam membuat tingkat kerusakan pada android juga beragam pula. Apa saja jenis-jenis dari tingkatan bootloop dan cara mengatasi android yang bootloop? Tingkatan kerusakan pada bootloop sendiri terdiri dari tiga tingkatan yaitu mulai dari yang ringan hingga yang sulit untuk diperbaiki. Berikut penjelasan detailnya.

Tingkatan yang pertama yaitu android light bootloop atau disebut juga dengan bootloop ringan. Untuk penyebab khusus dari jenis bootloop ringan yaitu karena penggunaan aplikasi ataupun main game secara terus-menerus tanpa henti dan juga adanya aplikasi yang eror saat dioperasikan. Jika masalah ini terjadi biasanya akan menyebabkan sistem menjadi kelelahan sehingga harus direstart. Untuk solusi dari bootloop ringan ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya Anda hanya cukup mematikan smartphone serta mencabut baterainya untuk beberapa saat. Setelah itu, baru baterai dipasang dan smartphone dihidupkan kembali.

Tingkatan bootloop selanjutnya yaitu android medium bootloop atau disebut dengan bootloop tingkat menengah. Penyebabnya yaitu adanya kesalahan prosedur saat melakukan rooting. Hal ini bisa terjadi jika pengguna sering mengotak-atik ponsel pintarnya. Misalnya seperti modifikasi bootscreen, melakukan penggantian custom tema, dan lain-lain. Cara mengatasi android yang bootloop tingkat menengah ini yaitu dengan melakukan factory reset melalui menu Android System Recovery. Cara lainnya yaitu bagi pengguna yang pernah membackup smartphonenya bisa melakukan restore. Caranya yaitu memakai file recovery dengan bantuan laptop yang memiliki sistem Windows.

Selain itu, ada tingkatan bootloop yang fatal. Kerusakan ini terjadi karena pengguna terlalu berlebihan dalam melakukan rooting dan tweaking. Adanya serangan virus yang menyerang sistem android juga bisa menjadi penyebab dari bootloop tingkat fatal ini. Solusi dalam mengatasi android yang bootloop fatal ini bisa dibilang cukup rumit karena memang sistem androidnya harus diinstall ulang kembali. Jika tidak mau pusing-pusing Anda bisa meminta bantuan ahli service smartphone untuk memperbaiki ponsel pintar Anda.

Itulah sedikit ulasan mengenai berbagai jenis tingkatan bootloop serta cara mengatasi android yang bootloop. Jadi, tidak usah panik lagi jika terjadi bootloop ponsel Anda karena memang sudah mengetahui berbagai solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *