Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 Hijriyah Tahun 2016

Tanpa terasa akhirnya kita akan berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Tentunya seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia bergembira menyambut bulan yang agung ini. Berbagai macam persiapan mulai dilakukan baik secara fisik dan mental. Tak terkecuali mempersiapkan jadwal imsakiyah ramadhan 2016 yang akan menjadi acuan waktu kita dalam berpuasa.

Pentingnya Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016

jadwal imsakiyah ramadhan 2016

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dikenal sebagai bulan yang penuh rahmat. Hal ini disebabkan karena pintu pengampunan Allah SWT sangat terbuka lebar. Selain itu, amal ibadah yang dilipatgandakan pahalanya membuat kita semakin bersemangat untuk beribadah. Oleh karena itu, setiap umat muslim menginginkan puasa yang dijalaninya selama bulan ramadhan benar-benar khusyu’ dan sempurna. Momen yang hanya terjadi selama satu bulan dalam satu tahun ini harus dimanfaatkan secara optimal untuk menggapai ridho Alloh. Sehingga diperlukan persiapan yang matang untuk menjalani bulan yang suci ini.

Persiapan menyambut bulan yang penuh rahmat ini sebaiknya dilakukan mulai sekarang, mengingat kita akan berjumpa dengan ramadhan dalam waktu kurang dari 1 minggu lagi. Berdasarkan jadwal imsakiyah ramadhan 2016, tanggal 1 ramadhan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Puasa akan berlangsung selama 29 hari sehingga 1 syawal nanti akan jatuh pada tanggal 5 Juli 2016. Oleh karena itu, seyogyanya kita sebagai umat muslim yang taat pada ajaran agama segera melakukan persiapan baik secara fisik dan mental agar puasa kita berjalan lancar dan sempurna di tahun ini. Belum tentu tahun depan kita akan berjumpa lagi dengan bulan yang agung ini. Karena tidak ada satupun di antara umat manusia yang mengetahui perkara kematian.

Selain mempersiapkan fisik yang sehat, Anda juga sebaiknya mulai melatih diri untuk melakukan amalan-amalan seperti Tadaruz Al-Quran, berpuasa sunah, perbanyak dzikir, shalat-shalat sunah, serta amalan-amalan lainnya yang dapat dilakukan selama bulan ramadhan untuk menambah pahala kita. Ada baiknya Anda mulai mencari jadwal imsakiyah ramadhan 2016 agar mulai jauh-jauh hari Anda dapat menyesuaikan pekerjaan dan kegiatan selama bulan ramadhan agar tidak mengganggu aktivitas ibadah Anda. Karena di bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini, sudah sepantasnya kita mengedepankan urusan akhirat dibandingkan dengan urusan dunia.

Pemerintah memang belum melaksanakan sidang isbat, namun Lembaga Penerbangan dan Antariksawan menyebutkan bahwa konsistensi awal bulan ramadhan dan Idul Fitri akan berlangsung dari tahun 2015 hingga tahun 2022. Dengan demikian, perubahan jadwal Imsakiyah ramadhan tidak terlalu besar setiap tahunnya. Untuk sementara, berbagai sumber terpercaya menyebutkan bahwa bulan ramadhan tahun ini berlangsung mulai tanggal 6 Juni 2016 dan berakhir pada tanggal 4 Juli 2016. Sementara untuk tanggal 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 5 Juli 2016.

Meskipun pemerintah belum mengeluarkan jadwal imsakiyah yang resmi namun lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi Islam sudah mengeluarkan jadwal tersebut. Berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, jadwal imsakiyah yang dikeluarkan lembaga atau organisasi Islam yang ada tidak berbeda dengan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan demikian, anda tidak perlu ragu-ragu untuk memiliki jadwal imsakiyah ramadhan 2016 yang sudah diterbitkan lebih dahulu di daerah Anda. Jangan lupa menyesuaikan jadwal imsakiyah yang ada dengan zona daerah Anda masing-masing. Pasalnya, terkadang perbedaan zona menyebabkan perbedaan waktu mulai satu hingga sepuluh menit.

Demikianlah informasi terkait jadwal imsakiyah ramadhan 2016. Semoga kita semua diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah di bulan ramadhan tahun ini. Aamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *