Good Corporate Governance-Mengelola Perusahaan Menuju Kesuksesan

Bagi setiap orang yang memiliki perusahaan atau usaha dan ingin bisnisnya berjalan maju dan pesat maka penting sekali akan adanya sebuah sistem tentang cara mengelola perusahaan menuju kesuksesan. Untuk itulah GCG atau Good Corporate Governance menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dikuasai baik oleh pemilik langsung maupun untuk setiap karyawan yang bekerja pada bagian tersebut. Mungkin ada beberapa diantara kita yang masih belum begitu menguasai apa itu sistem GCG dan bagaimana menjalankannya sehingga bisa memberikan dampak yang positif bagi kemajuan sebuah perusahaan.

Point Penting dalam Good Corporate Governance

Good Corporate Governance sudah terbukti berhasil dan metode ini sudah banyak diterapkan di Indonesia baik untuk perusahaan dengan skala yang masih kecil atau yang sudah besar sekalipun. Justru semakin besar sebuah perusahaan maka memerlukan strategi yang lebih kuat juga untuk mengelola perusahaan menuju kesuksesan terlebih dalam hal financial. Untuk menjalankan sistem dalam GCG ini ada beberapa hal penting yang harus bisa diterapkan. Dan dalam menjalankan poin penting ini tentu harus dengan sungguh-sungguh. Berikut beberapa point penting tersebut:

mengelola perusahaan menuju kesuksesan

Accountability

Accountability merupakan poin yang cukup penting dalam sebuah metode GCG yang mana di dalamnya akan ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan perkembangan sebuah perusahaan seperti struktur perusahaan, sistem dan juga fungsi yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Dalam poin ini akan berisi hal penting mengenai bagaimana cara yang baik dan efisien untuk bisa menjalankan perusahaan dengan baik dan akan adanya pembagian tugas, hak dan kewajiban yang jelas dan terperinci untuk setiap bagian yang ada di perusahaan tersebut.

Transparansi

Kemudian transparansi juga penting untuk mengelola perusahaan menuju kesuksesan yang besar. Hal ini harus menjadi landasan dan prinsip dalam sebuah perusahaan untuk bidang pekerjaan apapun. Jika keterbukaan sudah menjadi prinsip maka semua hal bisa berjalan dengan baik seperti pengambilan keputusan, masalah laporan keuangan, hak dan kewajiban dan lain-lain.

Independensi

Hal ini sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mampu mengambil kebijakan dan keputusan dengan tegas dan baik sekalipun dalam kondisi yang sangat krusial. Kebijakan tersebut nantinya harus bisa memberikan dampak positif baik untuk perusahaan sendiri maupun secara luas seperti masyarakat dan lingkungan.

Responsibility

Sebuah perusahaan tentu saja bertanggung jawab terhadap semua seperti karyawan, lingkungan, masyarakat sekitar tempat perusahaan itu berdiri dan bertanggung jawab terhadap kondisi perusahaan tersebut. Jangan sampai karena perusahaan mengesampingkan hal ini menyebabkan terjadinya persoalan antara pihak luar yang tidak menghendaki perusahaan tersebut untuk beroperasi di tempatnya.

Fairness

Poin terakhir dalam GCG mengelola perusahaan menuju kesuksesan adalah mengenai keadilan. Adil disini berarti setara dalam hal perlakuan untuk semua orang atau stakeholder yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Harus ada SOP, aturan dan sistem yang diberlakukan sehingga kesetaraan tersebut bisa berjalan dengan baik dan memberikan dampak kemajuan pada bisnis perusahaan itu sendiri.

Good Corporate Governance adalah sebuah prinsip yang sangat vital untuk menjalankan dan perkembangan sebuah perusahaan baik dalam bidang jasa maupun keuangan dan pengadaan barang. Tanpa adanya metode dan sistem GCG yang baik maka mengelola perusahaan menuju kesuksesan akan terasa lebih sulit dan rumit. Jika semua prinsip dalam GCG bisa ditaati dan dijalankan dengan sebaik mungkin maka harapannya tujuan untuk adanya perusahaan bisa tercapai dengan memuaskan dengan bisnis yang terus berkembang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *