Walaupun Menguntungkan, Resiko Bisnis Affiliate Masih Tetap Ada

Bisnis Affiliate yang merupakan salah satu bisnis berbasis online, akhir-akhir ini sangat digemari oleh masyarakat. Keuntungan yang didapat selalu berhasil membuat orang-orang turut melakukan bisnis ini. Cara bisnis affiliate juga sangat mudah. Namun, dibalik keuntungan dan kemudahannya itu, ternyata bisnis affiliate memiliki resiko yang cukup besar. Berikut akan dipaparkan resiko bisnis affiliate.

5 Resiko Bisnis Affiliate yang Bersembunyi dibalik Keuntungannya

1 ) Kesalahan memilih program

resiko bisnis Affiliate 1

Resiko bisnis Affiliate yang pertama terjadinya karena kesalahan dalam memilih program Affiliate itu sendiri. Program Affiliate saat ini sudah sangat banyak. Masing-masing program menawarkan keunggulannya. Biasanya program Affiliate yang menipu menawarkan komisi yang sangat besar sehingga sangat menarik minat para pebisnis, terutama pemula. Padahal komisi dari bisnis ini hanya berkisar 5% sampai 10% saja. Kerjanya yang cukup mudah tentu seimbang dengan komisi tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda pemula bisnis ini patut curiga jika program Affiliate yang hendak diikuti itu memberikan komisi besar, bukannya malah senang. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dan mencari info sebanyak-banyaknya tentang situs yang akan Anda ikuti. Dengan mengetahui kredibilitasnya terlebih dahulu sebelum bergabung, Anda bisa terselamatkan dari bentuk penipuan.

2 ) Kesalahan dalam memilih produk yang hendak dipasarkan

resiko bisnis Affiliate 2

Sebelum Anda terjun dalam bisnis Affiliate ini, Anda sebaiknya mensurvei produk apa saja yang disukai konsumen di era ini. Survei yang Anda lakukan tersebut bisa sangat membantu dalam memilih produk yang tepat. Jika tidak begitu, Anda bisa saja memilih produk yang salah, yaitu produk yang tidak menarik bagi konsumen. Tentu hal tersebut bisa sangat merugikan Anda sebagai seorang pebisnis.

3 ) Persaingan Ketat

 

resiko bisnis Affiliate 3

Banyaknya orang-orang yang berminat dalam bisnis Affiliate ini bisa menjadi salah satu resiko bisnis Affiliate itu sendiri. Keuntungan yang ditawarkan ditambah dengan cara kerja yang cukup mudah dan bisa dikerjakan dimana saja tentu menjadi daya tarik utama yang terus menghasilkan banyak pebisnis. Selain itu, persaingan yang terjadi dalam bisnis ini bisa saja dilakukan dengan cara yang tidak sehat atau curang. Ini bisa terjadi karena pebisnis yang tidak bertanggung jawab melakukan apa saja asalkan bisa mendapat komisi yang besar. Dengan begitu, Anda harus kembali lagi memilah-milah program Affiliate yang menjanjikan peluang besar namun tetap rasional.

4 ) Tidak focus

resiko bisnis Affiliate 4

Selanjutnya, resiko bisnis Affiliate ini bisa terjadi karena ketidakfokusan Anda dalam bekerja. Saat awal Anda bergabung dalam bisnis ini, tentu semangat yang ada masih menggebu-gebu. Keinginan untuk mendapatkan banyak uang dengan bekerja yang terbilang mudah selalu bisa membawa Anda bersemangat. Namun, siapa duga bila di pertengahan jalan saat bekerja, Anda merasa malas. Rasa malas ini bisa membuat Anda tak lagi fokus dalam bekerja sehingga angan-angan untuk mendapatkan komisi tidak bisa lagi dicapai.

5 ) Penipuan

resiko bisnis Affiliate 5

Resiko yang satu ini merupakan resiko yang paling berbahaya saat berbisnis Affiliate. Adanya penipuan tentu tak pernah bisa dipungkiri. Apalagi, bisnis ini merupakan bisnis berbasis online sehingga semua orang bisa melakukan apa saja termasuk menipu pebisnis muda. Penipuan ini bisa berbentuk tidak mendapatkan komisi dari penyelenggara, atau bisa juga komisi Anda ditarik kembali. Oleh karena itu, Anda memerlukan kehati-hatian ekstra jika benar-benar terjun dalam bisnis ini.

Kelima paparan diatas merupakan resiko bisnis Affiliate yang paling sering terjadi. Namun, tenang saja, resiko-resiko tersebut masih dapat diatasi dengan cara berhati-hati. Jangan mudah tergiur dengan janji mendapat komisi besar karena sebenarnya uang atau kekayaan bisa didapatkan dengan bekerja keras dan membutuhkan proses. Selidiki dulu bisnis yang hendak Anda ikuti sebelum Anda benar-benar terjun ke dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *