Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak Error Tidak Terbaca

Penggunaan kartu SD pada berbagai perangkat elektronik khususnya smartphone saat ini semakin banyak. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi utamanya yang dapat membantu Anda menyimpan lebih banyak file di luar memori internal. Meskipun memiliki fungsi yang sangat menarik, namun perlu Anda ketahui bahwa kartu SD seringkali mengalami kerusakan yang menyebabkan berbagai file yang tersimpan di dalamnya tidak dapat terbaca. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengetahui sejumlah cara memperbaiki kartu SD yang rusak agar dapat mengatasi kerusakan yang terjadi.

Terdapat sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda mengetahui berbagai cara memperbaiki kartu SD yang rusak, diantaranya yaitu mempercepat proses perbaikan dan menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu membayar orang lain untuk memperbaikinya. Sangat menguntungkan bukan? Oleh karena itu, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana langkah perbaikan kartu SD yang tidak terbaca, Anda perlu menyimak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini. Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kartu SD yang rusak adalah dengan menghapus file yang tersimpan.

Permasalahan yang sering terjadi pada kartu SD adalah file yang rusak sehingga mempengaruhi bisa atau tidaknya terbaca pada smartphone. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami kerusakan pada kartu SD salah satu cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan menghapus file yang tersimpan di dalamnya. Untuk melakukan cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini dapat Anda lakukan dengan masuk pada bagian setting atau dikenal juga dengan istilah pengaturan. Selanjutnya, pilihlah menu storage, di dalam menu tersebut terdapat sejumlah pilihan.

Khusus untuk mengatasi permasalahan kartu SD yang tidak terbaca Anda harus memilih bagian Erase SD Card. Anda tidak perlu menunggu lama karena penghapusan file dengan cara tersebut hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Apabila proses penghapusan file telah selesai Anda lakukan, maka Anda dapat menggunakan kartu SD kembali dengan fungsi normal sehingga file yang tersimpan nantinya dapat terbaca. Sangat mudah bukan cara tersebut? Apabila Anda merasa kerusakan yang terjadi pada kartu SD disebabkan oleh debu, maka Anda disarankan untuk membersihkannya.

cara memperbaiki kartu sd yang rusak

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara membersihkan kartu SD yang error karena Anda hanya cukup melepaskannya dari smartphone. Namun sebelum melakukan hal tersebut, pertama Anda harus memastikan bahwa smartphone sudah dalam kondisi mati sehingga tidak terjadi kerusakan pada file lain. Apabila kartu SD tersebut sudah Anda lepaskan, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memperbesarkan bagian lempengan emas pada kartu SD. Anda tidak membutuhkan peralatan khusus untuk membersihkannya, cukup gunakan penghapus karet dengan tekstur lembur agar tidak menimbulkan goresan.

cara memperbaiki kartu sd yang rusak 2

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tersebut dapat Anda hentikan apabila Anda merasa kartu SD sudah kembali bersih. Selanjutnya, Anda dapat memasangnya kembali dengan kondisi kartu SD yang sudah normal. Jika kedua cara tersebut tidak dapat menyelesaikan permasalahan pada kartu SD secara efektif, maka Anda dapat mencoba cara ketiga dengan menyambungkan smartphone dengan personal computer atau PC. Berbeda dengan langkah menghubungkan smartphone dan PC pada umumnya, untuk dapat memperbaiki kerusakan pada kartu SD Anda perlu memilih Mass Storage Mode.

cara memperbaiki kartu sd yang rusak 3

Mode tersebut memungkinkan Anda untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kartu SD dan memperbaikinya secara efektif. Apabila smartphone sudah terhubung dengan PC, maka Anda hanya perlu membuka Windows Explorer dan klik pada bagian kanan hingga muncul menu Drive. Selanjutnya lakukan pengecekan pada bagian Error Checking yang Anda masuki melalui Properties dan Tools. Sangat mudah bukan, berbagai cara memperbaiki kartu SD yang rusak tersebut?

 

Deskripsi: Cara memperbaiki kartu SD yang rusak sehingga tidak terbaca sebenarnya cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *