Waspadai Ini Daftar, Aplikasi Penyedot Kuota Internet Smartphone

Anda mungkin pernah keheranan ketika kuota internet yang belum lama Anda beli tiba-tiba habis begitu saja, padahal Anda tak merasa melakukan banyak aktivitas di smartphone Anda yang menyedot kuota. Jangan buru-buru marah atau complain ke operator seluler Anda, karena bisa jadi Anda menggunakan aplikasi penyedot kuota yang secara otomatis menghabiskan kuota internet pada smartphone Anda. Hal ini disebabkan Anda sendiri belum mensetting atau memformat tiap aplikasi tersebut atau mensetting smartphone Anda untuk mode yang hemat kuota.

Dibawah ini adalah jenis aplikasi-aplikasi boros kuota internet yang memang sudah umum digunakan pada smartphone, baik untuk kebutuhan komunikasi maupun hiburan.

1 ) Youtube

 

aplikasi penyedot kuota-20

Siapa yang tidak kenal Youtube, ini adalah aplikasi pemutar video dari Youtube yang sangat rakus terhadap kuota internet smartphone Anda. Memang aplikasi Youtube tidak secara otomatis memutar video saat Anda mengaksesnya, video akan diputar hanya jika Anda memang ingin melihatnya. Namun adakalanya Anda mungkin tidak sadar jika video diputar atau ponsel Anda digunakan oleh anak-anak untuk nonton Youtube tanpa Anda ketahui.

Cara untuk lebih berhemat tanpa harus meninggalkan aplikasi ini adalah, atur saja settingan Youtube Anda untuk hanya menampilkan video dengan resolusi rendah yang tak terlalu makan pulsa. Selain itu pada smartphone Anda, sebaiknya Anda juga mensetting fitur play HD on WiFi only. Hal ini dimaksudkan agar video dengan resolusi tinggi tak bisa diakses dari smartphone Anda menggunakan kuota internet seluler. Jadi hanya pada saat terhubung dengan WiFi Anda bisa menikmati video kualitas HD dengan smartphone Anda.

2 ) Facebook

aplikasi penyedot kuota 2

Aplikasi penyedot kuota berikutnya adalah facebook. Anda para facebooker akan gatal jika tidak mengecek facebook Anda tiap saat, memang bikin ketagihan sih. Masalahnya adalah saat ini makin banyak iklan atau orang-orang yang memuat video atau foto yang secara otomatis akan memakan banyak pulsa internet di smartphone Anda. Karena itu sebaiknya Anda mengatur fitur untuk auto play video. Anda juga bisa mensetting untuk hanya menikmati video saat terhubung ke WiFi.

3 ) Instagram

aplikasi penyedot kuota 4

Makin banyak pengguna instagram makin banyak kuota Anda akan tersedot oleh aplikasi ini, karena konten yang ditampilkan tidak hanya foto yang biasanya beresolusi tinggi tetapi juga video. Aplikasi penyedot data ini secara otomatis akan memutar video, sayangnya fitur auto play pada instagram tersebut saat ini belum bisa dimatikan. Jadi yang harus disetting agar hemat data adalah ponsel Anda sendiri.

4 ) Whatsapp

aplikasi penyedot kuota 3

Whatsapp adalah salah satu aplikasi penyedot kuota yang bikin kuota internet Anda cepat habis juga. Hal ini tidak lain karena kita begitu mudah berbagi konten video, foto, audio dan sebagainya saat chatting di grup WhatsApp yang kita ikuti. Bayangkan jika Anda mengikuti banyak grup. Karena itu harus diatur agar WhatsApp Anda tak secara otomatis mengunduh konten-konten tersebut. Caranya, tentu saja dengan mengatur ponsel Anda sendiri.

Demikian 4 daftar aplikasi penyedot kuota internet pada smartphone Anda. Aplikasi lain seperti Skype, Google Playstore, Path, Snapchat, Twitter juga termasuk beresiko menghabiskan kuota internet Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut selain akan membuat ruang penyimpanan smartphone Anda semakin penuh sesak juga menghabiskan kuota. Karena itu jika Anda tidak ingin kuota Anda cepat habis, sebaiknya Anda melakukan pengaturan, baik pada fitur aplikasi yang bersangkutan, maupun pada setting smartphone Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Deskripsi: 4 daftar aplikasi penyedot kuota internet pada smartphone diantaranya Youtube, Facebook, Instagram dan WhatsApp. Karena itu perlu disetting ke mode hemat data atau kuota pada smartphone Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *