Cara Membuat Wireless Charger Sendiri Dengan Peralatan Sederhana

Sebagai pengguna setia listrik, kita tau bahwa umumnya daya listrik disalurkan melalui media kabel. Bahan dari kabel ini adalah jenis logam seperti tembaga maupun jenis logam lain yang baik sebagai penghantar (konduktor) muatan listrik. Sedangkan sumber dari daya listrik ini pun bermacam-macam. Listrik bisa dihasilkan dari generator, battery, dan yang telah difasilitasi oleh pemerintah untuk penggunaan massal bagi masyarakat adalah dibangunnya pusat pembangkit listrik, yang di Indonesia dikenal sebagai Perusahaan Listrik Negara (PLN). Tenaga listrik di perusahaan milik negara yang berskala nasional ini didapat dari banyak sumber, diantara pembangkit listrik yang paling utama adalah dari tenaga air, kemudian uap, dan yang terbaru namun masih menimbulkan pro dan kontra untuk dibangun di Indonesia adalah tenaga nuklir.

Dewasa ini dengan didukung kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka mulai berkembanglah penggunaan tenaga listrik tanpa kabel atau biasa disebut wireless energy. Dikembangkannya listrik tanpa kabel ini untuk makin memudahkan penempatan dan penggunaan daya listrik juga untuk mulai mengurangi kesemrawutan jaringan kabel yang pastinya merepotkan dan makan tempat. Dalam kehidupan kita sehari-hari, pemanfataan listrik wireless ini dapat kita temui salah satunya pada perangkat charger ponsel keluaran perusahaan pengembang ponsel ternama.

Teknologi charger berkembang beriringan dengan makin banyaknya pengguna ponsel di dunia. Penemuan terkini untuk charger adalah dengan telah ditemukannya teknologi wifi, yaitu teknologi jaringan tanpa kabel yang membuat anda bisa mengisi battery ponsel tanpa harus menghubungakan ponsel dengan sumber tenaga listrik. Charger ponsel wireless ini memungkinkan pengguna ponsel untuk dapat mengisi battery handphonenya tanpa harus repot-repot menancapkan kabel charger dari sumber listrik ke ponselnya.

Membuat wireless charger sendiri secara sederhana

cara-membuat-wireless-charger-sendiri-2

Ternyata anda pun bisa membuat wireless charger sendiri secara sederhana. Anda bisa memanfaatkan teknologi wifi ini untuk merubah charger konvensional anda menjadi wireless charger. Cara ini nantinya dapat diterapkan ke semua smartphone yang sudah memiliki fitur wifi. Awalnya teknologi ini dikembangkan oleh salah satu produsen aksesoris ponsel. Cara ini pastinya terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan membeli produk smartphone baru dengan menggunakan teknologi ini.

Adapun langkah-langkah pembuatan wireless charger sendiri dengan berbasis teknologi wifi ini adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama siapkanlah alat pengubah mode charger. Alat ini berbentuk selembar plastik tipis yang berisi kumparan-kumparan. Anda dapat memperolehnya di toko aksesoris ponsel dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Siapkanlah ponsel anda yang telah memiliki koneksi wifi.
  • Buka casing atau penutup battery ponsel anda
  • Lepaskan sticker perekat dari alat pengubah mode charger tersebut.
  • Anda akan menemukan pin yang menonjol keluar. Pin inilah yang menghubungkan battery dengan koneksi wifi dari alat charger wireless anda.
  • Pasang pin dengan benar pada konektor battery ponsel, lalu tempelkan alat pengubah mode charger tadi di belakang battery anda dengan benar dan kuat agar tidak mudah terlepas atau goyang.
  • Setelah yakin terpasang kuat, coba tutup casing ponsel anda. Jika di layar sudah muncul tulisan “wireless charging”, berarti anda telah berhasil memasangnya.

Sebagai tambahan informasi, alat pengubah mode charger ini memiliki dua pilihan  yaitu Universal Charger yang digunakan untuk semua smartphone dengan merek umum, dan Special Charger yang ditujukan untuk smartphone tertentu saja. Nah, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda terutama tentang cara membuat wireless charger sendiri dengan peralatan yang sederhana. Selamat mencoba.

Deskripsi : Panduan tentang cara membuat wireless charger secara sederhana untuk smartphone menggunakan teknologi wifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *