Cara Mengatasi Insufficient Memory Android

Smartphone menjadi perangkat yang sudah semakin jamak dipakai oleh orang di zaman modern ini. Android menjadi salah satu jenis ponsel pintar yang benar-benar memiliki banyak pengguna. Ponsel jenis ini tergolong mudah merawatnya, namun juga tidak luput dari masalah. Insufficient memory adalah salah satunya. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir karena cara mengatasi insufficient memory android sangatlah mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa orang lain dalam mengatasinya. Cukup lakukan beberapa cara singkat yang dijamin bisa langsung membuat android bekerja seperti sedia kala.

3 Cara Mengatasi Insufficient Memory Android

Cara mengatasi insufficient memory android

Insufficient memory merupakan suatu keadaan dimana ruang penyimpanan tidak mencukupi sehingga android tidak dapat lagi menambah aplikasi atau jenis file lainnya. Biasa permasalahan ini muncul saat Anda sedang mengunduh suatu data atau program dimana tiba-tiba hp mengalami error dan tidak dapat menyelesaikan proses pengunduhan. Beberapa cara mengatasi insufficient memory android berikut ini bisa Anda coba agar bisa mendapatkan kembali performa hp yang maksimal.

1 ) Menghapus Semua Cache

Cara mengatasi insufficient memory android 1

Anda bisa melakukan cara sederhana yaitu menghapus cache yang tidak memerlukan aplikasi bantuan untuk membersihkan sisa-sisa sampah pada aplikasi di android. Cara mengatasi insufficient memory android ini terbilang yang paling umum dilakukan. Selain tidak merepotkan juga tergolong cepat dan bisa dilakukan kapan saja. Langkah-langkahnya yaitu buka menu setting atau pengaturan. Setelah itu, cari bagian Apps pada kolom Device yang merupakan tempat yang memperlihatkan semua aplikasi yang ada dalam hp. Selanjutnya, klik pada bagian pojok kanan atas dan akan muncul beberapa pilihan, salah satu yang tertera adalah pilihan Clear Cache of All Apps. Klik bagian tersebut dan secara otomatis semua cache akan terhapus.

2 ) Menggunakan Aplikasi Clean Master

Cara mengatasi insufficient memory android 2

Penyebab utama terjadinya insufficient memory berasal dari jumlah junk atau sampah yang memenuhi ruang penyimpanan. Oleh karena itu, membersihkan hp dari sampah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Agar lebih optimal sebaiknya memanfaatkan aplikasi pembersih yang banyak tersebar di play store.

Clean Master adalah aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna android untuk mengatasi masalah insufficient ruang penyimpanan. Tujuannya tentu saja memaksimalkan kinerja smartphone dan meningkatkan memory. Selain itu, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah RAM yang telah terpakai. Cara menggunakannya yaitu pertama tentu saja harus download aplikasinya di play store. Setelah itu, bisa langsung menuju ke bagian Junk Files. Anda hanya perlu klik pada bagian tersebut dan secara otomatis sistemnya akan bekerja untuk membuang sampah yang tertinggal.

3 ) Memindah Data ke Perangkat Lain

Cara mengatasi insufficient memory android 3

Cara mengatasi insufficient memory android yang satu ini dilakukan bila ruang penyimpanan sudah benar-benar penuh karena banyaknya data yang tersimpan. Bila Anda memiliki banyak foto, video dan file jenis lain di android bisa menghalangi proses pengunduhan aplikasi lain. Untuk mengatasi persoalan ini cukup gunakan cara yang sangat sederhana yaitu memindahkan sebagai data ke perangkat lain misalnya ke laptop atau PC. Memindah dari hp ke laptop bukan hanya dilakukan dengan meng-copy saja melainkan dengan melakukan cut. Proses cut ini dengan cepat membuat memory langsung memiliki sisa ruang penyimpanan yang lebih banyak.

Itulah tiga cara mengatasi insufficient memory android yang bisa coba Anda terapkan agar masalah hang atau stuck tidak pernah terjadi lagi. Semoga saja artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *