6 Kota/Daerah Dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Titel Indonesia sebagai Negara kepulauan memang tidak bisa dilepaskan, karena Negara kesatuan ini memang terdiri dari ribuan pulau yang diikat oleh perairan. Namun hal ini terkadang menyebabkan permasalahan kesenjangan sosial, salah satunya adalah tidak meratanya pendapatan perkapita di setiap daerah, serta standar hidup yang berbeda-beda. Beberapa kota-kota besar memang memiliki upah minum regional yang cukup bahkan bisa di kategorikan besar dalam skala nasional.

Upah minimum regional atau UMR yang besar juga berpengaruh pada biaya hidup yang tinggi di tempat tersebut, hal ini disebabkan inflasi atau perputaran uang yang cepat menyebabkan harga-harga di daerah tersebut menjadi sedikit lebih tinggi.

6 Kota/Daerah Dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

1 ) Surabaya

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia 1

Yang pertama adalah kota surabaya, ibu kota dari provinsi jawa timur ini memang menjadi salah satu kota besar yang maju dari segi industri, maka dari itu tidak mengherankan apabila biaya hidup di kota pahlawan ini cukup tinggi. Berdasarkan data yang di keluarkan oleh Badan Pusat Statistika (BPS) dikatakan untuk bisa memiliki kehidupan yang layak di kota surabaya setidaknya seseorang memiliki penghasilan Rp 6.000.000 setiap bulannya.

2 ) Aceh

Foto Udara Banda Aceh dan Aceh Besar

Kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia yang kedua dan mengungguli surabaya adalah kota Banda Aceh. Ibu kota dari daerah istimewa Aceh atau yang biasa juga disebut sebagai serambi mekkah ini masuk ke dalam daftar kota kota dengan biaya hidup termahal, hal ini di karenakan kebutuhan transportasi dan bahan pangan yang mahal. Bagi anda yang memiliki tujuan untuk pindah ke sana, setidaknya siap untuk mengeluarkan bajet untuk biaya hidup disana sebesar Rp 6.100.000

3 ) Manokwari

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia 3

Dari aceh kita bertolak ke bagian timur indonesia yang memiliki biaya hidup termahal selain 2 kota sebelumnya, tentunya kita mengetahu penyebab dari biaya hidup yang tinggi di bagian indonesia timur yakni Papua, NTT dan NTB. Penyebabnya adalah  transportasi yang masih sulit yang menyebabkan mereka tidak mendapatkan asupan bahan pangan yang sama, sehingga harga-harga di sana menjadi mahal. Di manokwari atau ibu kota provinsi papua barat setidaknya anda harus mengeluarkan uang sebesat Rp 6.200.000 jika ingin memiliki hidup yang layak.

4 ) Batam

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia 4

Kota berbiaya hidup tinggi di Indonesia berikutnya adalah Batam. Kota yang menjadi bagian dari Kepulauan Riau tersebut memiliki standar biaya hidup mencapai Rp 6.300.000 setiap bulannya yang harus dipenuhi setiap orang agar dapat menikmati kehidupan yang layak. Tingginya biaya hidup di Kota Batam tidak terlepas dari keberadaan banyak industri yang mendorong perkembangan ekonomi menjadi cukup pesat. Bagi Anda yang memiliki penghasilan kurang dari Rp 6.300.000, maka Anda disarankan untuk mengatur pengeluaran sedemikian pula agar semua kebutuhkan hidup dapat terpenuhi.

5 ) Ternate

Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia 5

Kota atau daerah berikutnya berasal dari kepulaluan riau yakni batam. kota batam adalah salah jalur perdagangan yang dimiliki indonesia. walaupun akses dan kotanya terbilang maju, namun bukan berarti biaya hidup disana murah. Terlepas dari keberadaan atau bisnis industrinya maju justru mendorong inflasi atau perputaran uang yang cepat disana, yang menyebabkan biaya hidup menjadi mahal. Setidaknya jika anda tinggal disana harus mengeluarkan uang sebesar Rp 6.300.00

6 ) Jakarta

kota dengan biaya hidup termahal di indonesia-07

Ternate menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia yang memiliki standar sebesar Rp 6.400.000. Besaran biaya hidup tersebut perlu Anda miliki apabila Anda ingin memiliki kehidupan layak di kaki Gunung Gamalama tersebut. Tingginya harga pangan di Kota Ternate menjadi penyebab utama mahalnya biaya hidup tersebut. Kota Jayapura juga menjadi salah satu daerah di Indonesia Timur yang memiliki biaya hidup tinggi, yaitu Rp 6.900.000. Berbeda dengan Kota Ternate, faktor transportasi menjadi penyebab utama tingginya biaya hidup di Kota Jayapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *