SSD terbaik untuk PC tahun 2018 (untuk gaming dan software editing)

SSD terbaik untuk PC – Menggunakan SSD (solid state drive) adalah salah satu upaya kongkrit untuk meningkatkan performa PC anda, hal ini biasanya di lakukan oleh para gamers atau editor demi  mendapatkan performa yang memuaskan. perangkat penyimpan data SSD ini memakai rangkaian IC sebagai memory yang digunakan untuk menyimpan data-data, software dan aplikasi.

Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui perbedaan antara SSD dan HDD, kedua perangkat ini memiliki sistem kerja yang berbeda yang berpengaruh pada tingkatan atau kecepatannya. SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya, semua data disimpan di dalam sebuah microchips dan pengambilan data informasi pada SSD digerakan secara elektrikal. Sedangkan HDD memiliki komponen yang bergerak yakni disk yang berputar sebagai media penyimpanannya, dan digerakkan secara mekanik.

Performa SSD menjadi lebih cepat karena cara kerjanya elektrikal dan media penyimpanan tidak menggunakan disk tapi menggunkaan microchips. Pada tahun 2018 ini banyak produsen yang berkompetisi untuk mengeluarkan produk-produk terbaik mereka,  dan pada artikel kali ini admin akan membahas 5 SSD terbaik untuk PC tahun 2018 yang bisa anda jadikan referensi sebelum membeli, check this out!

5 SSD terbaik untuk PC tahun 2018

1 ) Samsung 850 EVO 500 GB

SSD terbaik untuk PC 1

Dengan mengusung teknologi 3D NAND Samsung 850 Evo pantas berada di jajaran SSD terbaik 2018, yang bahkan menurut rumor bahwa performa SSD ini lebih baik dengan SSD serupa dengan harga yang lebih mahal. Samsung 850 Evo dibekali dengan fitur seperti SMART, TRIM, TCG/Opal V2.0, AES 256-bit Full Disk Encryption, dan IEEE1667 compatibility.  namun SSD dari pabrikan korea ini juga memiliki kekurangan yakni Interface SATA-nya yang masih bermasalah dan menjadi hambatan, namun secara kesuluruhan SSD ini sangat layak anda beli dengan harga 2 juta untuk kapasitas 500GB. Dan Samsung 850 Evo juga tersedia dalam kapasitas mulai dari 120 GB sampai 4TB.

2 ) Kingston HyperX Savage

SSD terbaik untuk PC 2

Kingston HyperX savage memiliki desain yang sangar ala gamers, yang seolah-olah akan melahap semua software dan aplikasi game yang berat untuk dijalankan dengan baik. SSD dari kingston ini memiliki performa yang menjanjikan dengan mengusung kontroler Phison S10 yang tidak lupa di lengkapi dengan fitur kemanan data end to end, Smart ECC untu recovery untuk jaga-jaga saat adanya error dan juga terdapat teknologi TLC NAND. Hyper X Savage memiliki kemampuan read sampai 560MB/s dan speed write 530MB/s untuk semua versi kecuali yang 120GB.  Kingston sangat memperhatikan konsumennya dengan mengemasi Hyper X saveage dengan all-in-one kit untuk memudahkan pengguna saat proses instalasi. Jika ingin mendapatkan SSD ini dalam versi 960GB bisa anda tebus dengan harga Rp 6.100.000

3 ) Crucial’s MX300 525 GB

SSD terbaik untuk PC 3

SSD terbaik untuk PC selanjutnya ada Crucial’s MX300, walaupun SSD data ini sedikit lebih lambat dibandingkan 850 Evo milik samsung , namun MX300 menyediakan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya. MX300 menjadi SSD budget terbaik yang bisa di andalkan untuk menjalani game-game yang berat dengan resolusi tinggi tanpa lag. Untuk mendapatkan Crucial MX300 kapasitas 525GB anda hanya perlu mengeluarkan budget sekitar 1,5 juta saja.

4 ) OCZ Vector 180

SSD terbaik untuk PC 4

SSD yang masih satu famili dengan Vector 180 ini adalah high-end SSD (solid state drive) ini awalnya dirancang oleh OCZ setelah Toshiba mulai mengakuisisinya. Selain menjanjikan performa yang super cepat, Vector 180 juga memilik teknologi canggih kekinian yang disebut PFM+ yang singkatan dari Power Failure Management Plus, teknologi ini berguna untuk melindungi data pengguna serta mencegah bricking. OCZ Vector 180 hadir dengan kontroler Barefoot 3 powered SSD. Performa SSD ini menghasilkan kecepatan read dan write 550MB/s dan 530MB/s. untuk kapasitas 960GB OCZ Vector 180 di banderoll lebih murah dibandingkan dengan Hyper X Savage yakni 5,1 juta.

5 )  Intel SSD 760p 512 GB

SSD terbaik untuk PC 5

SSD NVMe terbaik dari segi budget jatuh pada seri 760p dari Intel ini. Dengan performa read/write yang mencapai 3230/1625 MB/s, menjadikan SSD ini cukup kompetitif dengan SSD SATA. Kabar baiknya, dengan performa yang andal, SSD NVMe akan bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Adalah pilihan yang tepat untuk mengisi slot M.2 kalian dengan SSD dari Intel ini.

Demikian adalah review singkat seputar SSD Terbaik untuk PC tahun 2018 untuk gaming atau menjalankan software editing dengan lancar jaya tanpa kendala, yang bisa anda jadikan referensi. Jangan lupa juga baca artikel hanamera yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *