Cara bikin toko online yang sukses

Apabila anda ingin membuka bisnis online yang berhasil dan sukses, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk bisa membuat toko online atau online store. Nantinya toko ini akan di jadikan sebagai etalase digital untuk menjual produk-produk ataupun jasa kepada orang lain, dengan berbagai macam sistem seperti reseller, eceran, dropshipper, ataupun grosir.

Yang paling bisa anda lakukan ketika memulai bisnis online adalah menggunakan sarana sosial media untuk berjualan, bisa anda lakukan di tiwtter, facebook, instagram dan sebagainya. Tetapi kita juga harus sadar bahwa berjualan di tempat seperti social media saat ini sudah tidak efektif lagi, bisa dibilang juga harapannya kecil. hal ini dikarenakan banyaknya konsumen yang sudah kecewa karena banyak scammer dan kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

kasus-kasus penipuan seperti ini membuat orang yang ingin memasarkan produknya menjadi sulit. akan lebih baik jika anda membuat toko online sendiri yang terlihat lebih kredibel, lalu gunakan sosial media sebagai media promosi bukan tempat jualan. Buat website eCommerce dengan fitur layanan/sistem pembayaran otomatis, yang membuat konsumen merasa aman bertransaksi di toko anda.

Selain hal-hal di atas masih ada 5 langkah dasar lagi yang perlu anda lakukan agar toko online atau ecommerce anda bisa sukses. Berikut adalah ulasannya.

5 Langkah membuat toko online yang sukses

cara membuat toko online 1

1 ) Tentukan produk yang akan di jual 

Yang pertama adalah dengan membuat keputusan tentang produk apa akan dijual, agar anda juga bisa melihat segmentasi pasat juga. Produk yang biasa dijual di toko juga biasanya terdiri dari 2 jenis yakni  Physical products & digital products.

2 ) Identifikasi segmentasi pasar 

Telita dalam menganalisa dan identifikasi dimasa pasar berada, strategi, kompetitor dan website & eCommerce sistematis agar anda bisa mendapatkan pelanggan yang potensial.

3 ) Menentukan eCommerce Software 

Penting dalam menentukan sotftware eCommerce yang bagus dan cocok dengan produk atau sistem dagang anda, anda bisa menghire orang untuk mengerjakan ini, namun yang paling terpenting adalah website eCommerce harus SEO friendly, mudah di akses, dan memiliki sistem pembayaran yang terpercaya.

4 ) Mulai membangun toko online

Pilih & sesuaikan template design. Buat kategori produk lalu upload inventaris dengan penjelasan sebanyak mungkin kemudian atur pengiriman serta cara pembayaran.

5 ) Beriklan & Memasarkan

Setelah semua dilakukan dan berjalan maka langkah selanjutnya adalah memasarkan. Pasarkan produk yang ada di toko anda ke pada pelanggan-pelanggan potensial, anda memanfaatkan  system mendukung integrasi ke marketplace besar, Seacrh engine, social media.

6 ) Membangun trust

Pembeli lebih memilih membeli dari orang yang dipercaya. Kepercayaan Berbasis e commerce menunjukkan bagaimana kepercayaan antara pembeli & penjual dibuat. Manfaatkan testimoni kepada toko anda untuk membangun trust, tetapi tetap menomor satukan pelayanan kepada pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *