Apa itu SMM ? Dan apa manfaatnya ?

Sebagian dari anda yang masih baru bermain dalam pemasaran melalui sosial media mungkin sering mendengar isitlah SMM (sosial media marketing), namun belum memahani pengertian SMM sebenernya begitu juga dengan manfaatnya.  Nah bagi anda yang belum mengerti tentang SMM (sosial media marketing) dan apa manfaatnya bagi jualan anda, hanamera.com akan memberikan ulasan perkenalannya.

PENGERTIAN SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING)

pengertian SMM

Seperti namanya SMM merupakan sebuah salah satu strategi pemasaran online dengan memanfaatkan Sosial media sebagai sarana promosi produk-produk juala anda (Link Halaman Website Bisnis Online)  atau suatu layanan jasa, atau juga produk lainnya secara lebih spesifik.

Social media marketing sendiri lebih ke arah pembangunan dan pemanfaatan wilayah sosial media sebagai tempat untuk membentuk, membangun, dan mengumpulkan segemntasi target pasar bisnis online anda. Yang perlu diingat dalam menjalan strategi ini haruslah komunikatif dengan pasar yang telah di buat di sosial media, menjawab pertanyaan mereka, berinteraksi, informatif, dan menghormati.

Semakin besar dan luas jaringan yang anda bangun di sosial media maka potensi keberhasilan dalam menjalankan strategi SMM ini juga akan berhasil, yang berdampak pada website e-commerce atau bisnis online yang anda miliki. SMM sendiri familiar atau populer di praktikan di sosmed seperti Twitter, Facebook, Youtube, Pinterest, Reddit,  Google Plus, Myspace, Digg,  Linkedin, Instagram dan lain-lain.

Untuk setiap sosmed pastinya cara pemasarannya berbeda-beda, contohnya jika anda menjalankan SMM di instagram maka akan lebih mengandalkan gambar dan #hastag dari pada caption, lalu youtube yang notabennya adalah tempat menonton video, anda bisa melakukannya dengan membuat video campaign disana dan menkoneksikannya ke website e-commerce.

Lainnya jika anda bermain di Facebook yang memang memiliki fitur yang lengkap, termsauk dalam hal bisnis marketing, disana anda dapat menggunakan fitur marketing yang lebih proper yang disediakan oleh facebook, seperti pembuatan Fanpage, Fb ads, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.

MANFAAT DARI SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING)

Setelah anda paham dengan pengertian SMM kini saatnya mengatahui manfaat atau khasiat dari SMM. Bagi pemain bisnis online wajib hukumnya untuk memanfaatkan teknik ini, karena mudah, murah, efisien, dan efeknya bisa terasa dengan cepat.

Seperti yang sudah kita ketahu bahwa SMM adalah soal membangun pasar sendiri di sosial media, nah nantinya link-link yang telah anda berikan akan menjaring pengunjung yang merasa tertarik dengan produk anda, atau tertarik dengan campaign yang anda lakukan di sosmed, yang akibatnya mereka akan mencari tahu lebih dalam tentang produk anda di website e-commerce atau toko online anda.

kemudian manfaat selanjutnya adalah mempercepat pertumbuhan pemasaran produk ke berbagai kalangan seperti contohnya pemasaran produk Affiliate. Dikarenakan perkembangan Social Media yang terus meningkat, membuat pencapaian pemasaran produk menjadi lebih cepat untuk mengenai target pasar yang diinginkan.

Jika anda adalah pembisnis online yang juga bermain dengan trik SEO (Search engine optimazation) maka juga bisa mendapatkan manfaat dari menjalani teknik SMM ini, yakni mendapatkan backlink yang banyak. dengan jumlah backlink yang banyak maka sudah pasti bisa mengangkat ranking dan juga popularitas toko online anda di SERP (search engine optimazation).

Dan demikian adalah ulasan singkat tentang pengertiam SMM dan manfaatnya untuk bisnis online anda, SMM dapat anda lakukan secara gratis hanya dengan memanfaatkan sosial media, yang terpenting adalah rajin posting produk anda, membuat fanpage, dan rajin berinteraksi dengan para konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *