Cara mengetahui backlink kompetitor pakai Ahrefs

Bagi search engine backlink merupakan elemen atau faktor penting untuk mereka bisa memberikan ranking suatu konten tertentu, dalam algoritma search engine seperti google backlink atau referensi blog merupakan fakto yang sangat diperhitungkan, dengan catatan backlink harus berkualitas.

Artinya cara untuk mendapat rank 1 adalah dengan menanam backlink sebanyak dan sebagus mungkin, tapi permasalahannya tidak banyak yang mengetahui keberadaan backlink-backlink tersebut. Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink ? Mudah, ikuti punya kompetitor yang berada di page one.

Dan pada ulasan kali ini kami akan memberikan tutorial Cara mengetahui backlink kompetitor dengan menggunakan tools Ahrefs. kenapa harus Ahrefs ? jawabnya simpel karena tools ini memiliki database terlengkap dan terupdate di bandingkan spy tools backlink lainnya.

Cara mengetahui backlink kompetitor dengan menggunakan Ahrefs

Langkah Pertama 

Yang pertama-tama yang harus kita lakukan adalah harus memiliki tools Ahrefs versi premium, dari segi harga tools premium memang terbilang mahal untuk perorangan, namun Ahrefs versi premum adalah perangkat wajib yang digunakan oleh SEO Agensi.

Tapi jangan khawatir anda tetap bisa menggunakan prangkat seharga 99$/month ini hanya dengan hanya membayar $8/month disiniatau juga bisa mendapatkannya dengan biaya $5-$10 di Fiverr (search dengan keyword “Ahrefs account”).

Langkah Kedua

Selanjutnya dalam Cara mengetahui backlink kompetitor dengan mengumpulkan website-website kompetitor anda, untuk analisa, caranya mudah cukup search salah keyword yang anda targetkan atau yang menjadi niche website anda di google.co.id (jika berbahasa indonesia) dan google.com (apabila berbahasa inggris).

Langkah ketiga 

Masuk ke https://Ahrefs.com/site-explorer, kemudian paste link URL kompetitor dari page one urutan pertama.

kemudian ada kotak ditengah yang berisi pilihan URL, Prefix, domain/* dan *.domain.* tidak perlu diotak-atik karena sudah otomatis menyesuaikan dengan url yang kita paste.

Dan ketika sudah di paste maka akan otomatis lengkap profile backlink web blogspot ini mulai dari jumlah backlink total, jumlah referring domain (jumlah total domain/website yang mereferensikan), jumlah organic keywords (jumlah total keyword yang merangking di SERP) sampai jumlah total share di social media.

Langkah keempat

cara mengetahui backlink kompetitor

Cara mengetahui backlink kompetitor dengan menggunakan Ahrefs selanjutnya adalah mengetahui url link-link daru website kompetitor.

Lihat sidebar sebelah kiri, pada bagian backlink erdapat 3 sub-kategori yaitu New (backlink yang baru didapat, bisa disetting dalam rentang waktu tertentu), Lost (backlink yang hilang karena dihapus atau berpindah halaman atau karena sebab lain) dan Broken (backlink yang hilang karena domain expired, halaman sudah tidak eksis, dsb).

jika anda membutuhkan semua data link yang masih ada ataupun sudah tidak ada bisa langsung memilih backlink, dari sana semua backlink yang mengarah pada website tersebut dari seluruh backlink dari web blogspot diatas yang sudah di crawl bot Ahrefs akan ditampilkan.

Note: backlink yang tampil disini tidak selalu 100% backlink yang didapatkan web yang dianalisa, karena bisa saja mereka mendapatkan backlink-backlink dari website PBN yang dipasangi script khusus agar tidak bisa di crawl bot-bot backlink checker seperti Ahrefs.

demikian adalah Cara mengetahui backlink kompetitor dengan mudah menggunakan Ahrefs premium, dengan menggunakan versi premium selain memonitori backlink website kompetitor anda juga bisa menduplikatnya untuk kebutuhan website anda, selain itu bisa memfilter mana backlink yang bagus dan mana yang tidak, yang mungkin akan dibahas di tutorial selanjutnya, dan jangan lupa untuk selalu pantau dan share artikel ini agar semua bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *