Cara Memunculkan Appdata di User (Windows 7,8, dan XP)

Cara Memunculkan Appdata di User (Windows 7,8, dan XP)

Sebagian orang sering kali bingung ketika sedang mengedit sebuah program di komputer kemudian harus melakukan beberapa perubahan di folder AppData, ternyata file appdata tersebut tidak ada di folder User. Anda mungkin kebingungan ke mana perginya appdata yang tadi sempat Anda edit. Anda sudah menelusuri pencarian di folder C:\Users\User_Name\Appdata\Roaming, tetapi tetap saja tidak ketemu atau tidak muncul. Folder tersebut bisa saja ter-hidden. Ada beberapa cara memunculkan Appdata di User yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan kembali file tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak saja ulasannya berikut ini.

Dua Trik Mudah untuk Cara Memunculkan Appdata di User

cara memunculkan appdata di user 11

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, program Appdata yang telah dirumah tersebut sebenarnya masih ada, tetapi terkadang folder tersebut disembunyikan di bagian Windows-nya. Untuk memunculkannya kembali, ada dua cara memunculkan Appdata di User yang bisa Anda lakukan. Cara yang pertama hanya akan memunculkan program Appdata ketika akan digunakan saja, sedangkan cara yang kedua digunakan untuk memunculkan program appdata sevara permanen. Cara apa yang akan Anda pilih? Langsung saja ini dia penjelasannya.

1 ) Cara Memunculkan Appdata untuk Sementara

Cara yang pertama ini bisa digunakan jika Anda hanya ingin menampilkan appdata sementara. Artinya, Appdata akan kembali tidak terlihat setelah Anda menggunakannya. Cara yang pertama ini cukup mudah. Pertama-tama, klik secara bersamaan tombol Windows + R pada windows 7,8, dan XP. Setelah muncul Run, pada bagian open, silahkan ketikkan “%appdata%” (tanpa tanda petik, ya). Lalu, klik OK. Folder Appdata pun akan segera muncul.

2 ) Memunculkan Folder Appdata Secara Permanen

Jika Anda ingin memunculkan folder Appdata secara permanen, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini.

  • Klik Start, kemudian pilih Control Panel, kemudian pilih Folder Option
  • Pada tabel Folder Option, silahkan pilih View
  • Pilih Show Hidden File, Folder, or Drive.
  • Kemudian pilih OK
  • Langsung cek C:\Users\User_Name, Folder AppData yang tadinya tersembunyi sudah bisa muncul secara permanen.

Dua cara memunculkan Appdata di User di atas sangat sederhana bukan? Tanpa bantuan ahli IT pun, Anda sudah bisa mengatasi masalah hilangnya AppData di User. Anda bisa memilih salah satu dari dua cara di atas. Apakah Anda lebih suka memunculkan Appdata secara sementara atau permanen.

Ada banyak program penting yang ada di appdata. Jika Anda kehilangan folder ini, tentu akan sangat memusingkan. Appdata yang telah diedit biasanya akan masuk dalam folder hidden di user. Sebenarnya, ada keuntungan dan kelemahan folder hindden ini. Keuntungan folder appdata hidden ini adalah folder Anda tidak mudah diakses oleh tangan-tangan jahil sehingga lebih aman. Akan tetapi, kekurangannya adalah folder Appdata ini akan susah ditemukan.

Akan tetapi, dengan cara-cara di atas, folder Appdata yang tersebunyi bisa ditemukan dengan mudah. Dua cara memunculkan Appdata di User yang telah dijelaskan di atas pun bisa dibilang praktis dan sangat mudah. Untuk melindungi privasi Anda, sebaiknya pakai cara yang pertama, yaitu memunculkan appdata sementara. Anda boleh mengunakan cara kedua jika memang Anda yakin tidak ada orang yang akan mengakses data Anda.

Demikian adalah pembahsan singkat dan jelas tentang bagaimana cara memunculkan Appdata di User baik untuk Windows 7, 8, atau XP. Informasi lainnya terkait dengan gadget dan IT bisa Anda akses di situs ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *