Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager

Beberapa Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager

Saat komputer windows menampilkan pesan error dalam menggunakan komputer windows, kemungkinan sektor boot pada partisi sistem mengalami kerusakan atau kehilangan file.

Berikut ini Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager dengan mudah dan cepat.

Tentang Sektor Boot

Sektor boot merupakan bagian kecil pada hard drive yang dibuat setiap memformat drive. Sektor boot berisi beberapa kode dan data yang berfungsi membantu BIOS melepaskan kontrol dalam proses startup ke Windows. Sektor boot dan Host Master Boot Record juga memuat disk signature, tabel partisi untuk disk, dan sedikit kode populer dengan sebutan kode boot master.

Saat komputer windows dimulai, maka pengaktifan awal di handle oleh BIOS. Kemudian, BIOS akan memuat kode master boot ke RAM komputer windows dan menghentikan proses startup. Kode boot master akan memindai tabel partisi, menentukan partisi aktif, memuat salinan sektor boot ke RAM komputer windows, dan menghentikan proses startup ke kode tersebut.

Sektor boot dapat mengalami berbagai permasalahan yang sama seperti pada bagian lain dari hard drive yang disebabkan adanya file yang hilang, file rusak, dan kerusakan fisik. Saat proses boot loader gagal, maka hal tersebut terjadi setelah pengguna melihat pesan BIOS namun sebelum windows mulai memuat. Umumnya pesan error ditunjukkan seperti, error loading operating system, missing operating system, reboot and select proper boot device, inalid partition table, bootmgr is missing, fatal no bootable medium found system halted.

Apabila komputer windows menampilkan salah satu dari pesan error tersebut, maka komputer windows tidak dapat starting windows. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pengguna harus menggunakan windows recovery environment.

Menggunakan Windows Installation Media atau Recovery Partition

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager yang pertama harus dilakukan adalah memulai komputer windows ke dalam windows recovery environment. Kemungkinan komputer windows memiliki partisi pemulihan khusus untuk memulai windows recovery environment tanpa CD atau DVD instalasi windows. sebaliknya, jika komputer windows tidak memiliki partisi pemulihan khusus atau special recovery partition, maka untuk memasuki windows recovery environment harus menggunakan CD atau DVD instalasi windows.

  • Untuk memulai menggunakan CD atau DVD instalasi windows dalam mengakses windows recovery environment, pada tampilan instalasi windows klik pada tombol Repair Your Computer untuk memulai instalasi.
Klik Repair Your Computer
  • Akan tetapi, jika memulai dengan menggunakan Recovery partition atau Repair Disk, kemungkinan tampilannya akan sedikit berbeda namun opsi tampilan di akhir akan sama.
Ilustrasi System Recovery Option di Windows 7
  • Windows akan memuat recovery environment, pada halaman pertama klik tab troubleshoot. Lalu, pada laman advanced options akan muncul beberapa opsi.

Memperbaiki Startup Secara Otomatis

Startup repair dilakukan apabila komputer windows mengalami masalah yang disebabkan oleh kesalahan pada sistem. Umumnya akan menampilkan perintah untuk melakukan repair windows saat komputer booting. Dalam kasus yang terjadi, umumnya sebagian orang mencoba memperbaiki windows startup secara otomatis. Tidak hanya memperbaiki master boot record atau membuat sektor boot kembali. Repair automatically akan memindai dan memperbaiki masalah pada startup yang lainnya. Pada halaman Advanced Options klik Startup Repair.

Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager pada halaman berikutnya akan menampilkan semua operating system yang sudah terdeteksi oleh windows komputer. Jika pengguna hanya menginstal satu, maka klik sistem operasi yang hendak diperbaiki. Selanjutnya, komputer windows akan mulai memindai permasalahan yang terjadi pada startup dan memperbaikinya.

Saat proses sudah selesai, komputer windows akan memberi konfirmasi kepada pengguna apakah proses perbaikan sukses atau tidak sukses. Pengguna akan diberikan pilihan untuk merestart komputer windows atau kembali ke Advanced Options.

Jika pengguna memiliki file image backup system, maka dapat menggunakan system restore untuk memperbaiki startup komputer windows yang memiliki masalah. Jika pengguna tidak pernah menyimpan file image backup system, biasanya windows menyimpan secara otomatis selama pengguna tidak mematikan fitur system restore pada komputer windows.

  • Caranya cukup mudah, pertama klik All program pada menu start lalu pilih Accessories pilih system tools dan pilih system restore.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog system restore.
  • Selanjutnya, klik Next untuk melakukan Restore File dan System, pilih tanggal file image yang diyakini masih menjalankan sistem dengan baik, klik Next lalu finish.
  • Komputer windows akan merestart sendiri dan memerlukan beberapa waktu untuk kembali memasuki windows.
  • Setelah berhasil, maka komputer akan masuk ke dalam windows kembali dan menampilkan prompt jika system restore sudah berhasil dilakukan.

Jika windows tidak dapat memperbaiki komputer secara otomatis, maka pengguna dapat mencoba memperbaiki Master Boot Sector secara manual menggunakan Command Prompt, sebab kemungkinan cara manual tersebut tidak berfungsi. Hal ini merupakan bagian dari Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager secara otomatis.

Memperbaiki Master Boot Repair dengan Command Prompt

Apabila Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager tidak berhasil atau perbaikan secara otomatis gagal, maka sudah dapat dipastikan jika permasalahannya terdapat pada Master Boot Record atau sektor boot. Pengguna dapat memperbaiki secara manual menggunakan Command Prompt.

  • Caranya, pada halaman Advanced Option klik Command Prompt.
  • Saat berada di Command Prompt, pengguna akan menggunakan Command bootrec dan terdapat beberapa opsi untuk memperbaiki kesalahan bootloader pada komputer windows.
Master Boot Repair dari Command Prompt
  • Untuk mengembalikan Master Boot Record, maka ketik perintah: bootrec /fixmbr dan tekan tombol Enter dimana perintah tersebut bertujuan untuk menulis Master Boot Record baru yang kompatibel dengan Windows pengguna ke sektor boot tanpa menimpa tabel partisi.
Kembalikan Master Boot Record dari Command Prompt
  • Hal ini merupakan awal untuk memperbaiki kesalahan boot loader yang diperoleh dari file rusak.
  • Untuk menulis sektor boot baru ke partisi sistem, maka ketik perintah bootrec /fixboot dan tekan tombol Enter. Perintah ini berfungsi saat sektor boot komputer windows sudah digantikan oleh instalasi sistem operasi lain atau malware maupun sektor boot yang sudah rusak.
  • Alat bootrec memiliki opsi lain, pengguna dapat mengetik: bootrec /? untuk menampilkan dan melihat opsi lain serta pengguna dapat meminta bantuan dengan perintah help.
  • Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager ini merupakan cara alternatif apabila perbaikan secara otomatis tidak berfungsi dalam memperbaiki komputer windows boot manager.

Hal Yang Harus dilakukan Setelah Pemulihan

Saat berhasil memperbaiki komputer windows dan dapat memulai windows, maka sangat disarankan pengguna untuk melakukan langkah-langkah lainnya. Salah satunya jalankan utilitas Check Disk untuk memindai integritas sistem file dan hard disk. Hal ini kemungkinan kesalahan bootloader berasal dari masalah fisik pada hard disk. Selanjutnya, gunakan utilitas System File Checker untuk proses memindai dan memperbaiki file sistem yang rusak.

Meskipun kesalahan bootloader dapat mengintimidasi permasalahan tersebut saat muncul, sebagian besar orang awam menganggap hal tersebut merupakan permasalahan yang besar.

Demikian Cara Memperbaiki Komputer Windows Boot Manager, pengguna hanya perlu mengetahui apa yang harus diwaspadai dan menyertakan solusi pemulihan yang dapat diaplikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *