Cara mengoptimalkan produktivitas dan penjualan salesman

Cara mengoptimalkan produktivitas dan penjualan salesman

Cara meningkatkan penjualan salesman sebenarnya tidak hanya cukup memberikan mereka pelatihan berjualan atau produk knowledge. Perlu adanya support systems dari tim pemasaran, yakni dengan menyusun strategi penguatan branding, dan kepercayaan dari pelanggan.

Menerapkan strategi pasar seperti branding bisa dilakukan melalui trik yang ada di digital marketing, yang eksekusi atau closingnya bisa dilakukan oleh tim salesman, baik secara online maupun offline. Dan berikut ini adalah cara meningkatkan penjualan salesman, berikut ulasannya dibawah ini.

Cara meningkatkan penjualan salesman

Perkuat branding

Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Nielsen diketahui bahwa 60% konsumen atau pelanggan dengan koneksi internet lebih menyukai membeli produk-produk baru dari brand yang telah mereka tahu dan kenal sebelumnya.

Fakta survey di atas ini membuat branding menjadi hal yang utama untuk dilakukan, Tanpa memperkuat branding, maka otomatos persaingan akan langsung menuju ke satu titik saja, yakni persaingan harga. Jika seperti itu, maka meningkatkan omzet menjadi semakin sulit karena hanya pemain besar yang memainkan harga.

Menerapkan SEO dan SEM

SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing) merupakan 2 trik gowth hacking yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama. SEM dan SEO adalah upaya memenangkan kata kunci krusial di search engine seperti google, sehingga produk atau website bisa dengan mudah ditemukan oleh netizen di google.

Menerapkan SMM (Social Media Marketing)

Cara meningkatkan penjualan salesman selanjutnya adala dengan memaksimalkan sosial media. Sosmed adalah tempat yang paling tepat jika ingin membranding sesuatu, dan responden di sosmed bisa dibilang potensial pelanggan yang sangat baik untuk di prospek. Oleh karenanya aktif dalam sosial media untuk berbisnis sangatlah dianjurkan.

Menggunakan tools marketing dan sales

Untuk membantu mengelola data penjualan dan data produk, Anda bisa mengandalkan tools seperti CRM. Customer Relationship Management merupakan strategi bisnis khususnya untuk UKM yang dirancang untuk meningkatkan layanan kepada konsumen mereka. Salah satu CRM yang paling massif digunakan adalah freshsales, Anda bisa mencoba trialnya dengan mengunjungi freshsales.com

Menggunakan aplikasi absensi karyawan

Berbeda dengan software absensi, aplikasi absensi karyawan adalah versi ringkas dari sistem kehadiran. Salesman yang sedang kanvas di wilayah tertentu untuk melakukan presentasi kepada klien, tetap bisa melakukan absen, dan SPV atau HRD bisa mentracking sales tersebut.

Demikian adalah Cara meningkatkan penjualan salesman serta membuatnya menjadi lebih produktif, dari kelima cara ini mungkin tidak bisa langsung mendatangkan hasil dan omzet yang sekejap. Namun cara-cara di atas merupakan upaya penguatan fondasi pemasaran dan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *