Syarat dan Cara Memperpanjang SKCK

Syarat dan Cara Memperpanjang SKCK

Cara memperpanjang skck – Apakah Anda pernah mendengar istilah SKCK? Mungkin Anda yang melamar kerja, masuk perguruan tinggi, hingga melamar beasiswa tentu pernah mendengar SKCK. Ini karena SKCK memang merupakan salah satu syarat dokumen yang wajib Anda penuhi terkait lamaran tersebut.

SKCK itu sendiri adalah singkatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, sebelumnya dikenal sebagai nama sertifikat perilaku yang baik atau SKKB. Intinya adalah kedua surat yang menyatakan bahwa Anda tidak pernah melakukan pidana sebelumnya.

Nah selain cara membuat SKCK, ada pertanyaan yang cukup sering yang di tanya oleh orang-orang. Untuk mengetahui bagaimana dan apa saja pembaharuan SKCK yang berlaku tahun berikutnya?

Tentang SKCK serta Fungsi SKCK

Seperti kami sebelumnya telah menjelaskan SKCK yang menyatakan bahwa pemilik adalah orang yang tidak pernah melakukan kejahatan dan pidana tertentu, yang dapat digunakan untuk tujuan yang dalam hal lamaran.

SKCK itu sendiri di Indonesia dapat diterbitkan dalam polres, polda dan polsek. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dalam penggunaanya. Tapi secara umum, fungsi SKCK cukup mirip.

SKCK dari polsek – Kepolisian Sektor alias polisi di tingkat kabupaten. Polisi memiliki kekuasaan untuk mengeluarkan SKCK yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Beberapa fungsi dari polisi mengeluarkan SKCK Contohnya adalah seperti salah satu persyaratan dokumen permintaan untuk perusahaan swasta, kerja non-sipil, dan perusahaan BUMN.

Selanjutnya SKCK diterbitkan polisi juga dapat digunakan sebagai persyaratan untuk sekolah dan perguruan tinggi, dan salah satu persyaratan untuk pendaftaran.

SKCK sekarang menjadi sebagai salah satu syarat untuk menjadi staff desa atau memperpanjang kontrak karyawan serta catatan non-pegawai atau karyawan perusahaan.

SKCK terbitan Polres – Polres adalah kepolisian resor atau tingkat kabupaten kota. Seperti polsek, memiliki wewenang untuk masalah SKCK yang memiliki fungsi tertentu.

Beberapa fungsi SKCK sebagai syarat untuk menjadi PNS. Selain itu SKCK juga dapat digunakan sebagai syarat aplikasi untuk calon di kepala desa, legislator dan pemimpin kota lokal di tingkat kota.

Selain itu, fungsi SKCK dari Polres merupakan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin menjadi staff usaha negara, dan dapat di gunakan untuk menikah dengan seorang anggota polisi atau militer.

SKCK terbitan Polda – alias polisi Daerah. Polda atasan dari polsek juga memiliki kekuasaan untuk mengeluarkan SKCK.

Bedanya, SKCK yang dikeluarkan oleh Polda merupakan salah satu syarat untuk menjadi calon walikota, calon anggota parlemen provinsi, atau ingin bepergian ke luar negeri.

Nah, namun dalam beberapa kasus, mengurus visa atau manufaktur dokumen prosedural yang berkaitan dengan perjalanan objek antar negara biasanya diminta SKCK yang dikeluarkan oleh polisi sesuai kebutuhan.

Syarat Perpanjang SKCK

Jika Anda sudah memiliki SKCK sebelumnya, dan ingin memperpanjang SKCK untuk tujuan tertentu. Ada persyaratan utama yang perlu Anda siapkan sebelum datang ke polsek.

Perlu diketahui juga bahwa periode SKCK validitas Anda buat adalah 6 bulan sejak tanggal penerbitan SKCK ini. Persyaratan dan bagaimana tidak perpanjangnya berbeda, baik untuk SKCK berlaku atau kedaluwarsa.

Sayangnya, ketika Anda SKCK telah 1 tahun dan belum diperpanjang, Anda harus membuat SKCK baru.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan cara perpanjang SKCK adalah:

  • Memiliki SKCK asli yang lama dan sudah dilegalisir.
  • Foto copy KTP dan SIM yang Anda punya. Data yang ada di dokumen ini harus sesuai dengan kondisi Anda sekarang.
  • Foto copy Kartu Keluarga.
  • Foto copy Akta Kelahiran.
  • dan Pas foto dengan ukuran umum 4×6, sebanyak 3 lembar, dan berwarna.

Ambil formulir perpanjangan SKCK di kantor polisi, dan isi formulir tersebut sesuai dengan data diri Anda.

Apabila ternyata SKCK yang Anda punya telah lebih dari 1 tahun, maka dengan ini Anda wajib membuat SKCK yang baru. Adapun syarat dalam pembuatan SKCK yang baru sebagai berikut:

Surat yang menyertai dari Kantor desa di mana Anda tinggal.

  • Foto copy KTP atau SIM yang Anda miliki. Data yang terkandung dalam dokumen ini harus sesuai dengan kondisi Anda saat ini.
  • Foto copy kartu keluarga.
  • Foto copy akte kelahiran.
  • ketentuan fotografi untuk ukuran 4 × 6, sejumlah 3, dan warna.
  • Mengambil bentuk resume ke kantor polisi, dan biaya berdasarkan data Anda hari ini.
  • Datang ke kantor polisi untuk pengumpulan data sidik jari oleh polisi.

Untuk SKCK yang berkaitan dengan bepergian ke luar negeri atau sesuai permintaan, Anda harus membuat SKCK dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Dalam lebih spesifik untuk pengelolaan SKCK asing Anda harus menyertakan dua hal:

  • Foto copy dari paspor yang sah.
  • Foto copy surat nikah atau jika Anda menikah

Cara memperpanjang SKCK Offline

Cara memperpanjang SKCK offline Anda dapat langsung menyelesaikan semua perysaratan, dan segera datang ke kantor polisi (kantor polsek, kantor polres, atau polda) tergantung pada tujuan Anda.

Anda dapat langsung menyerahkan semua file yang ada di meja petugas SKCK. Setelahnya, Anda akan menerima pembaharuan SKCK, dan Anda bisa lansgung memperpanjangnya.

Setelah itu, kembali mengirimkan formulir dan mengambil jalur nomor atau menunggu di ruang tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil. Ketika Anda dipanggil, jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang dari kartu debit untuk melakukan pembayaran.

Cara memperpanjang SKCK online

Bagi Anda yang malas datang ke kantor polisi, sekarang polisi membuka SKCK layanan online. Untuk dapat SKCK online, Anda dapat mengakses halaman situs resmi polisi nasional di https://skck.polri.go.id/ SKCK.

Setelah itu, Anda dapat mengklik formulir pemilihan di sudut kanan atas. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir untuk data pribadi, pendidikan, karakteristik fisik, Lampiran dan deskripsi.

Anda mengisi semua data diri diminta dengan lengkap, akurat, dan tentu saja Anda harus jujur ​​bahwa tidak masalah di masa depan. Kemudian klik finish dan tunggu konfirmasi dari polisi.

Biaya yang disiapkan untuk SKCK

Untuk SKCK ada biaya yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan dan relatif sangat murah. Karena SKCK tidak memerlukan sidik jari maka Anda akan diminta untuk membayar Rp 10000, –

Jadi, sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya menyalin SKCK Anda dan meminta tanda tangan dikonfirmasi dari kepala polisi setempat. Biaya harus keluarkan untuk melegalkan SKCK fotokopi yang sejumlah Rp30.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *